kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,31   -4,94   -0.57%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.42%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Samudera Indonesia (SMDR) rencanakan tambah armada pengangkutan LNG


Selasa, 27 Juli 2021 / 19:18 WIB
Samudera Indonesia (SMDR) rencanakan tambah armada pengangkutan LNG
ILUSTRASI. Samudera Indonesia. KONTAN/BAihaki/30/6/2020

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) semakin gencar menggarap bisnis angkutan gas alam cair atau  liquefied natural gas (LNG). Hal ini dibuktikan dengan rencana SMDR yang akan menambah armada baru. 

Direktur Utama SMDR, Bani M Mulia melihat prospek bisnis pengangkutan LNG sangat bagus dan akan semakin prospektif di masa yang akan datang. 

"LNG termasuk sumber energi yang lebih bersih dan akan semakin banyak digunakan di masa depan baik di dunia maupun Indonesia. Adapun prospek pengangkutannya sangat menarik bagi Samudera Indonesia," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (27/7). 

Baca Juga: Samudera Indonesia (SMDR) menadah berkah dari kenaikan tarif layanan galangan kapal

 

 

Bani mengungkapkan, permintaan kapal pengangkutan LNG baik di dalam negeri maupun luar negeri mengalami peningkatan. Pertumbuhan ini didorong kebutuhan ekspor dan bertambahnya kebutuhan pengapalan LNG domestik antar pulau di Indonesia. Ukuran yang dibutuhkan juga berbagai macam. 

Adapun saat ini, SMDR telah memiliki satu kapal LNG yang melayani kebutuhan ekspor dan domestik kilang LNG Indonesia. "Kami sedang menyiapkan untuk penambahan armada agar ada kapal yang khusus untuk internasional (ekspor / impor) dan ada yang khusus untuk domestik," ungkapnya. 

Saat ini SMDR juga sedang melakukan studi bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)  dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk pembangunan kapal LNG berukuran kecil di Indonesia. Nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan distribusi gas alam cair di dalam negeri dan dibuat oleh anak bangsa. 

Kendati sudah ada rencana ini, Bani belum bisa membeberkan berapa nilai belanja modal yang disiapkan untuk agenda tersebut. "Saat ini masih bisa berubah-ubah sesuai dengan perkembangan harga kapal," tandasnya. 

Selanjutnya: Samudera Indonesia (SMDR) Menuai Berkah dari Bisnis Galangan Kapal

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×