kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Scoot jadi maskapai LCC pertama yang meraih status diamond dalam audit health safety


Kamis, 08 April 2021 / 10:52 WIB
Scoot jadi maskapai LCC pertama yang meraih status diamond dalam audit health safety
ILUSTRASI. Pramugari maskapai Scoot membersihkan kursi penumpang pesawat.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Scoot meraih status Diamond dalam audit maskapai global Airline Passenger Experience Association (APEX) Health Safety. Audit tersebut dilakukan bersama oleh APEX, salah satu asosiasi maskapai internasional terbesar, dan firma strategi aviasi SimpliFlying.

Audit tersebut menilai langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang dilakukan oleh Scoot untuk merespon pandemi Covid-19 terhadap 58 poin di sepuluh tahap perjalanan penumpang. Penilaian tersebut mencakup check-in dan proses pra-penerbangan lainnya, dalam penerbangan, serta pasca-penerbangan.

Hanya maskapai yang memiliki standar kesehatan dan keamanan sekelas rumah sakit, dengan skor sedikitnya 200 poin di atas standar Gold, yang bisa meraih status Diamond. Standar tersebut didasarkan pada langkah-langkah kesehatan dan keamanan yang telah diverifikasi, divalidasi, dan disertifikasi secara independen.

Baca Juga: DPR meminta pemerintah segera luncurkan insentif untuk maskapai penerbangan

Scoot pun menjadi maskapai penerbangan bertarif rendah atau low-cost carrier (LCC) pertama secara global yang mencapai standar tertinggi tersebut.

CEO Scoot Campbell Wilson menyampaikan, pihaknya berkomitmen memberikan tingkat kepercayaan tertinggi kepada penumpang saat mereka terbang. Wilson menyebut, sejak awal pandemi Covid-19, Scoot telah meningkatkan prosedur dan menerapkan langkah-langkah selama perjalanan penumpang.

Mulai dari meningkatkan kebersihan dan menjaga jarak, menerapkan check-in dan pemesanan dalam penerbangan tanpa kontak, dan uji coba verifikasi digital tes Covid-19 sebelum keberangkatan.

"Scoot bangga menjadi LCC pertama di dunia yang menerima status tertinggi Diamond, dan kami senang upaya kami untuk menjaga kesehatan dan keamanan penumpang dan staf mendapat pengakuan,” ungkapnya lewat keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (7/4).

CEO APEX Joe Leader menyampaikan, menjaga jarak aman selama perjalanan penumpang dan menyediakan perlengkapan kebersihan menjadi salah satu langkah kesehatan dan keamanan terdepan. CEO SimpliFlying, Shashank Nigam menambahkan, ada sejumlah standar tinggi yang diterapkan Scoot sehingga mendapatkan status Diamond pertama di dunia untuk LCC.

Langkah-langkah yang dimaksud seperti memvaksin semua staf di garda depan, menyesuaikan layanan dalam penerbangan menjadi tanpa kontak yang dapat diakses perangkat pribadi penumpang, dan kerangka penilaian risiko Covid-19 yang beroperasi 24 jam sehari 7 hari seminggu.

“Mengambil langkah-langkah lebih dari yang diharuskan dalam memastikan kesehatan dan keamanan akan membantu Scoot mendapat kepercayaan dari penumpang,” ungkap Nigam.

Dalam peringkat keselamatan maskapai versi Airline Ratings, situs internasional yang mengulas keamanan maskapai dan peringkat produk, Scoot juga meraih skor tujuh bintang. Baik untuk keselamatan maupun kepatuhan Covid-19.

Sistem peringkat keamanan tersebut mempertimbangkan faktor-faktor seperti catatan insiden maskapai, audit dari badan regulasi aviasi dan asosiasi, serta kepatuhan maskapai terhadap standar internasional Covid-19.

Di Indonesia, Scoot saat ini mengoperasikan penerbangan setiap hari antara Singapura dan Surabaya. Mulai bulan Maret, Scoot menguji coba portal online gratis yang memungkinkan penumpang yang terbang dari Singapura, Indonesia, dan Hong Kong SAR, Tiongkok untuk membuat janji tes Covid-19 pra-keberangkatan dengan klinik mitra yang diakui dan terakreditasi, melakukan pembayaran tes, dan menerima hasil tes dalam bentuk digital dalam 36 jam.

Scoot saat ini melakukan uji coba solusi verifikasi digital untuk tes Covid-19 pada saat check-in untuk penerbangan tertentu dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Dengan memindai kode QR menggunakan aplikasi yang aman.

Petugas check-in dapat dengan cepat dan tepat menentukan keaslian hasil tes Covid-19 digital atau cetak dengan kode QR yang dapat diverifikasi, yang dikeluarkan oleh klinik tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan penumpang untuk menyelesaikan proses check-in.

Selanjutnya: Japan Airlines setop operasional semua unit Boeing 777 dengan mesin Pratt & Whitney

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×