Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. UC Browser berkolaborasi dengan Lazada mengadakan berbagai aktivitas in-app sebagai bentuk inovasi belanja dengan pengalaman menarik. Tercatat lebih dari 4,5 juta penggunakan UC merayakan 11.11 Shopping Festival.
Laporan itu juga menemukan hal menarik yakni ada lima produk yang ditawarkan telah memberikan 1,8 juta impresi. Laporan ini dibuat berdasarkan aktivitas pengguna dari 5 November sampai 11 November 2019 di UC Shopping Festival. Pada kampanye shopping festival lalu.
Dalam laporan tren belanja online 11.11 lalu juga mencatat bahwa game Lucky Stars telah diikuti lebih dari 300.000 pengguna, dan lebih dari 1 juta pengguna telah mengikuti game “Terus Bagikan… Biar Dapat Gratisan”.
Baca Juga: Alibaba Singles' Day sales jump 25% in first 9 hours to $ 23 bilion
Dengan jumlah partisipasi tersebut, banyak voucher Lazada senilai lebih dariRp 6 miliar telah didistribusikan ke pengguna UC.
Laporan ini juga memberikan wawasan menarik bagi marketers yakni ada 4,5 juta pengguna yang merayakan UC 11.11 Shopping Festival dan lima produk yang ditawarkan memberikan 1,8 juta total impresi, dengan Redmi Note 7 menjadi item paling populer.
Data tersebut juga menunjukkan bahwa aktivitas in-app menjadi salah satu contoh saluran pemasaran kreatif saat ini.
Poin penting lainnya adalah lebih dari 4000 artikel diproduksi di Shopping Channel, dengan artikel yang paling banyak dibaca mulai dari ulasan produk kosmetik, fashion, olahraga hingga smartphone.
Ihwaal ini menunjukkan bahwa pengguna menjadi lebih cerdas sebelum membeli suatu produk, dan mereka membutuhkan informasi yang dapat meyakinkan mereka sebelum membuat suatu pembelian.
Baca Juga: Penjualan Alibaba melonjak 24,58% menjadi US$ 38,8 miliar pada festival 11.11
Kebutuhan akan informasi inilah yang membantu dan memudahkan pengguna sebelum mereka berbelanja.
Vice President, UC Web Global Business, Alibaba Innovation Initiatives Business Group, Huaiyuan Yang mengatakan, online shopping merupakan gaya hidup yang dekat dengan masyarakat Indonesia.
Dengan dipublikasikannya laporan trend belanja online ini, pihaknya ingin berbagi wawasan menarik bukan hanya bagi pengguna, tapi juga bagi marketers dan klien.
Menurutnya, interaksi antara pengguna dan produk yang diinginkan dapat dilihat dari hasil laporan ini, dimana aktivitas in-app memungkinkan pelanggan dan brand mendapatkan nilai tambah sehingga akan mendorong lebih jauh lagi pemasaran kreatif.
Baca Juga: Alibaba Singles' Day sales jump 25% in first 9 hours to $ 23 bilion
"Laporan ini juga menjadi masukan bagi kami, brands, dan platform e-commerce untuk mempromosikan online shopping di Indonesia dan memperkaya kebutuhan digital pengguna dalam satu platform.” ujar Huaiyuandalam siaran pers, Jumat (29/11).
UC 11.11 Shopping Festival juga diadakan di empat negara lainnya yaitu India, Thailand, Russia, dan Vietnam. Secara keseluruhan, UC 11.11 Shopping Festival diikuti oleh lebih dari 25 juta pengguna dan menghasilkan lebih dari 1 miliar impresi untuk konten festival belanja 11.11.
Inovasi belanja 11.11 dengan dukungan konten yang kuat merupakan wujud nyata komitmen UC untuk terus membangun ekosistem digital sekaligus memberikan beragam nilai tambah bagi pelanggan, sehingga pengguna bisa menikmati manfaat dari perkembangan teknologi digital.
Baca Juga: Alibaba bidik 500 juta konsumen berbelanja di festival 11.11 tahun ini
Kolaborasi UC dengan Lazada melalui aktivitas in-app bisa menjadi contoh sukses yang dapat dimanfaatkan oleh para brands dan platform e-commerce lainnya untuk mendorong pemasaran kreatif dengan menempatkan kebutuhan dan kepuasan pelanggan di garda depan komunikasi mereka dengan pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News