kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sediakan dana dan pendampingan, CSR Pertamina ringankan beban UMKM selama pandemi


Selasa, 18 Agustus 2020 / 19:08 WIB
Sediakan dana dan pendampingan, CSR Pertamina ringankan beban UMKM selama pandemi
Arya Dwi Paramita VP CSR Pertamina


Reporter: Arfyana Citra Rahayu, Dimas Andi, Pratama Guitarra | Editor: Cipta Wahyana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah suasana peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75, para pebisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) justru tengah kepayahan menghadapi pagebluk korona. Tak mau tinggal diam, sejumlah korporasi turun tangan turut membebaskan mereka dari belenggu pandemi, salah satunya PT Pertamina (Persero). Lewat jalur corporate social responsibility (CSR), Pertamina menyediakan dana kemitraan lebih dari Rp 580 miliar tahun ini. 

Sejak lama, CSR Pertamina memang mengusung program kemitraan untuk meningkatkan kemampuan UMKM. Program ini menyasar beberapa sektor UMKM seperti sektor industri, yakni sektor perikanan, perkebunan, perdagangan, pertanian, jasa dan lainnya.

Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina Arya Dwi Paramita menjelaskan, pihaknya telah mendorong lebih dari 63.000 mitra binaan di 34 provinsi seluruh Indonesia. Mitra binaan CSR Pertamina ini tersebar ke dalam 12 region Pertamina yang mencakup delapan unit operasi (MOR) dan empat area Refinery Unit (RU) Pertamina.

Baca Juga: Tak disangka! Pertashop kini jadi penggerak ekonomi di desa, simak cara jadi mitranya

Saban tahun, Pertamina mengucurkan dana program kemitraan kepada UMKM. Nah, seperti sudah disebut, khusus tahun ini,  CSR Pertamina menyiapkan anggaran kemitraan lebih dari Rp 580 miliar.

Selama pademi, tentu saja, dukungan Pertamina sangat membantu para UMKM bertahan. Tapi, lebih dari itu, kata Arya, program kemitraan ini menyasar tujuan yang lebih berkelanjutan, yakni menumbuhkan daya saing serta membentuk UMKM yang tangguh dan mandiri.   

Salah satu sokongan Pertamina melalui program kemitraan adalah bantuan permodalan. Bantuan ini berbentuk pinjaman lunak untuk UMKM dengan biaya jasa administrasi 3% per tahun. Pertamina menerapkan sistem saldo menurun selama jangka waktu pengembalian pinjaman. 

Ada pula bantuan sertifikasi UMKM untuk menjamin kelancaran usaha. Bentuk sertifikasi yang disediakan Pertamina dapat berupa sertifikasi halal, barcode, maupun sertifikasi lainnya.




TERBARU

[X]
×