kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Segmen hatchback masih moncer, APM mobil bersiap luncurkan line up baru


Sabtu, 08 Februari 2020 / 11:00 WIB
Segmen hatchback masih moncer, APM mobil bersiap luncurkan line up baru

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permintaan hatchback atau mobil subkompak di pasar otomotif masih eksis, meski penjualannya terbilang menurun beberapa tahun ini.

Untuk itu para Agen Pemegang Merek (APM) berusaha merangsang minat konsumen dengan melakukan penyegaran produk dan program marketing lainnya.

Pasar mobil yang dijuluki 'sedan buntung' ini menjadi angin segar bagi pengguna mobil yang ingin memiliki tipe sedan namun tidak ingin membayar pajak terlalu mahal.

Jongkie Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo) mengatakan sebagai mobil dengan kategori 4x2, model hatchback punya daya tarik karena Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPNBM)-nya lebih murah ketimbang sedan.

Baca Juga: APM mobil pertahankan pangsa pasar masing-masing di segmen hatchback

Seperti yang diketahui mobil sedan dikenai pajak barang mewah minimal 30%. Hadirnya tipe hatchback menjadi alternatif konsumen di pasar yang ingin merasakan berkendara seperti mobil sedan konvensional.

Dari segi volume penjualan, segmen hatchback meraup 3% pangsa pasar mobil di tahun 2019 atau kurang lebih di bawah 32 ribu unit. Jumlah tersebut sebenarnya cenderung turun dibandingkan volume penjualan hatchback di tahun sebelumnya, mengikuti pasar mobil nasional yang juga tengah lesu.

"Maka penyegaran menjadi strategi yang perlu dilakukan oleh APM kalau mau mengerek penjualan hatchbacknya," terang Jongkie kepada Kontan.co.id, Jumat (7/2).

Strategi peluncuran model baru telah dilakukan APM PT Honda Prospect Motor (HPM) di awal tahun ini lewat model hatchback premium, Honda Civic Hatchback RS.

Yusak Billy, Business Innovation and  Sales & Marketing Director HPM mengatakan mobil tersebut menyasar pengemudi mobil yang mau beralih dari tipe city car ke model yang lebih sporty. Bagi HPM pasar mobil hatchback punya kecenderungan pelanggan yang loyal.

"Segmen mobil ini masih konsisten dan mempunyai konsumen yang loyal," katanya kepada KONTAN, Jumat (7/2).

Baca Juga: Honda Civic Hatchback RS dan Suzuki New Baleno Ramaikan Pasar Mobil Hatchback

HPM sejauh ini masih menjadi penguasa pangsa pasar di segmen hatchback dengan model Honda All New Jazz yang berkontribusi hingga 40% dari volume penjualan segmen hatchback di 2019.

APM lainnya yang diketahui telah meluncurkan model hatchback terbarunya di awal tahun ini ialah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan seri Suzuki New Baleno. "Kami baru mengeluarkan Baleno Minor Change," ujar Makmur, Direktur Sales 4W SIS.




TERBARU

Close [X]
×