kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah rumah sakit Siloam dan Mitra Keluarga layani swab test drive thru


Jumat, 18 Desember 2020 / 09:00 WIB
Sejumlah rumah sakit Siloam dan Mitra Keluarga layani swab test drive thru


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah rumah sakit swasta berinovasi membuat layanan swab test dengan sistem drive thru untuk mengurangi kontak langsung antar pasien sehingga bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di rumah sakit.

PT Siloam International Hospital Tbk (SILO) membuat layanan swab test drive thru di beberapa rumah sakitnya. Head of Public Relation and Media Relation SILO, Jimmy Rambing mengatakan ada beberapa langkah yang harus diperhatikan orang yang ingin menggunakan layanan ini. 

Pertama, pasien mendaftar satu hari sebelum test melalui online (http://bit.ly/shkjdrivethru) dan mengisi data yang diminta. Setelah registrasi, pasien datang sesuai dengan jam yang sudah ditentukan.

Pelayanan Swab Test Drive Thru (PCR dan Antigen) dilakukan mulai dari pukul 07.30 - 10.30 dan 14.00 - 17.00.

"Pasien yang datang ke Rumah Sakit di lokasi drive thru menandatangani form consent serta melakukan pembayaran di dalam mobil," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (17/12).

Nantinya petugas akan segera melayani pasien di mobil. Hasilnya bisa selesai sehari atau sampai dengan tiga hari tergantung dengan paket yang dipilih. Pasien pulang dan hasilnya akan dikirim melalui email.

Baca Juga: Pendapatan Siloam (SILO) terkikis 4,21% karena kontribusi pendapatan rawat inap turun

Dalam sehari, Jimmy mengatakan perusahaan tidak mematok maksimal pasien yang datang. "Namun jika ada permintaan dalam jumlah besar dapat diinformasikan di awal untuk diaturkan jadwalnya," jelasnya.

Emiten rumah sakit lainnya yang menyediakan layanan Swab Drive Thru adalah PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA). Salah satu rumah sakit MIKA yang membuat layanan ini adalah Mitra Keluarga di Kelapa Gading.

Head of Investor Relation Mitra Keluarga, Aditya Widjaja menjelaskan untuk semua layanan swab test baik itu drive thru maupun lab, harganya mengikuti anjuran pemerintah yakni Rp 900.000 untuk PCR Swab. "Estimasi selesai adalah dua sampai tiga hari," jelasnya.

Adapun rata-rata rumah sakit MIKA bisa lebih dari 1.000 PCR Swab test yang dilakukan baik itu via lab, drive thru, maupun Temporary Clinic (lokasinya terpisah dari gedung RS, di parkiran RS).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×