kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selama Ramadan, lebih dari 100.000 produk terjual di Tokopedia dalam waktu 1 jam


Rabu, 19 Mei 2021 / 18:57 WIB
Selama Ramadan, lebih dari 100.000 produk terjual di Tokopedia dalam waktu 1 jam
ILUSTRASI. Tokopedia


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minat masyarakat untuk melakukan belanja online semakin meningkat. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan, selama masa Ramadan lalu, Tokopedia mencatat antusiasme masyarakat untuk berbagi lewat aplikasi digital.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan beberapa capaian dan temuan Tokopedia selama Ramadan 2021. Dari sisi produk yang diminati, tercatat ada tiga kategori yang paling populer. Yakni perabotan dan perlengkapan rumah tangga, kesehatan dan perawatan tubuh, serta produk fashion.

“Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” terang Ekhel secara tertulis kepada Kontan.co.id, Rabu (19/5).

Selanjutnya, transaksi parsel melonjak lebih dari tiga kali lipat selama kampanye ‘Parsel Ramadan’ Tokopedia berlangsung.  Secara umum, lebih dari 100,000 produk berbeda terjual dalam 1 jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021. “Data internal kami menyebutkan bahwa pengiriman Same-day atau Instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan," imbuh Ekhel.

Baca Juga: Setelah Tokopedia merger dengan Gojek, akankah OVO merger dengan DANA?

Dia menambahkan, Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam. Ekhel memberikan gambaran, salah satu pegiat usaha makanan halal, Rendang Den Lapeh,mencatat peningkatan transaksi hampir enam kali lipat selama Ramadan 2021 jika dibandingkan Ramadan 2020 lalu.

Tokopedia juga melakukan kolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Selama Ramadan 2021, sambung Ekhel, antusiasme masyarakat dalam berbagi dari rumah terus meningkat. Terlihat dari jumlah Zakat, Donasi dan Wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp 13 Miliar. 

Untuk mendukung kemudahan ibadah, masyarkat juga bisa menggunakan fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat di Tokopedia Salam. “Sejak pertama diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat meningkat hampir 12x lipat, sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35x lipat,” pungkas Ekhel.

Selanjutnya: Praktisi hukum menilai merger Gojek-Tokopedia tidak menimbulkan monopoli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×