kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selamat Sempurna optimistis pendapatan naik 15%


Kamis, 31 Januari 2013 / 09:00 WIB
Selamat Sempurna optimistis pendapatan naik 15%
ILUSTRASI. Merah, harga saham AMRT turun 0,72% di sesi pertama bursa Selasa (28/9)


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Produsen komponen otomotif PT Selamat Sempurna Tbk optimistis, kinerja tahun ini akan lebih bagus. Ini lantaran kondisi ekonomi di Amerika Serikat dan Eropa dinilai mulai pulih. Tak heran, tahun ini, perusahaan mengincar pendapatan naik minimal 15% dibanding tahun lalu.

Hanya saja, manajemen Selamat Sempurna belum mau membocorkan pendapatan tahun lalu. Tapi, sebelumnya, produsen filter merek Sakura dan radiator ADR ini menargetkan pendapatan tahun lalu bisa mencapai Rp 2 triliun, naik 20% dibanding 2011. Jika mengacu pada target tahun lalu, maka target pendapatan tahun ini diperkirakan sekitar Rp 2,3 triliun.

Pulihnya pasar global memang bakal menjadi berkah bagi perusahaan berkode saham SMSM ini. Maklum, mayoritas produksi komponen atau sekitar 70% ditujukan untuk pasar ekspor dan sisanya djual di dalam negeri.

Direktur Keuangan Selamat Sempurna, Ang Andri Pribadi memaparkan, tahun lalu, penjualan ke Amerika Serikat memberi kontribusi terbesar, yaitu sekitar 18,3%. Diikuti, pasar Australia sekitar 9,6%, ekspor ke Singapura 9,2%, dan Rusia sebesar 6,3%. "Pasar ekspor kami masih lebih besar ketimbang domestik, tapi memang penjualan di kuartal IV lalu hanya naik tipis," ungkap Ang, Selasa (29/1).

Sayang, Ang masih memilih bungkam terkait kinerja sampai akhir 2012. Yang jelas, hingga kuartal III tahun lalu, Selamat Sempurna sudah meraih pendapatan sejumlah Rp 1,36 triliun, naik 3,8% ketimbang pendapatan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan laba bersih alias keuntungan perusahaan dalam sembilan bulan pertama tahun lalu mencapai Rp 173,35 miliar, atau lebih tinggi 7,7% dibanding periode yang sama di 2011.

Perluas pasar ekspor

Demi mengerek penjualan, Selamat Sempurna bakal memperluas pasar ekspor pada tahun ini. Perusahaan ini sedang membidik negara tujuan ekspor baru, yaitu  negara-negara di Amerika Latin, Eropa Timur, Afrika, dan Timur Tengah.

Menurut Ang, pasar global untuk produk penyaringan atau filter masih sangat besar. Karena itu, peluang Selamat Sempurna untuk memperluas pasar masih terbuka, apalagi didukung kapasitas produksi pabrik yang besar.

Asal tahu saja, saat ini, Selamat Sempurna dapat memproduki sebanyak 96 juta unit filter per tahun. Produk filter ini memberi kontribusi 70% terhadap total penjualan komponen Selamat Sempurna. Sedangkan, kapasitas produksi radiator mencapai 1,95 juta unit per tahun.

Tak hanya memperluas pasar ekspor, di dalam negeri, Selamat Sempurna pun siap mengerek penjualan. Perusahaan akan membidik pasar otomotif dengan kehadiran mobil low cost green car. Ang juga bilang, tahun ini, perusahaan akan membuka cabang baru di beberapa wilayah, seperti di wilayah Samarinda dan Sulawesi Selatan.

Demi memuluskan rencana bisnis tersebut, tahun ini, Selamat Sempurna menganggarkan belanja modal sebesar Rp 100 miliar. Dana itu akan dipakai untuk peremajaan mesin dan peralatan produksi, line balancing, dan penambahan mould atau cetakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×