kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selaras Citra Nusantara (SCNP) Optimistis Target Tahun Ini Tercapai, Berikut Alasanya


Jumat, 02 September 2022 / 14:01 WIB
Selaras Citra Nusantara (SCNP) Optimistis Target Tahun Ini Tercapai, Berikut Alasanya
ILUSTRASI. Pekerja menyelesaikan pembuatan perangkat alat elektronik rumah tangga di PT. Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP),


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajemen PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) kian percaya diri dapat meraih target bisnis yang dibidik tahun ini.Selaras Citra berharap, kinerja di semester kedua semakin bertumbuh sehingga target penjualan maupun laba di 2022 dapat terealisasi.

"Diharapkan pada semester kedua ini penjualan lokal akan mengalami peningkatakn dibandingkan dengan semester pertama. Seiring dengan mulai bergerak naiknya perekonomian secara nasional ke arah yang lebih baik," ungkap Direktur Selaras Citra Nusantara Perkasa, Donny Trinanta, Senin (29/8) lalu.

Untuk diketahui, SCNP membidik pertumbuhan penjualan sebesar 24,30% menjadi Rp 650,02 miliar dan ingin mencetak laba sebelum pajak Rp 10 miliar di tahun 2022.

Baca Juga: Selaras Citra Nusantara Perkasa Raup Penjualan Rp 292 Miliar pada Semester I-2022

Kinerja apik perseroan sebenarnya telah terlihat dari pencapaian di semester pertama lalu. Penjualan SCNP berhasil tumbuh positif, dari semula Rp 211,12 miliar menjadi Rp 292,29 miliar di semester I-2022.

Merujuk laporan keuangan perseroan, penjualan Selaras Citra didominasi oleh penjualan ekspor yang mencapai Rp 222,57 miliar dari total penjualan. Realisasi ekspor ini berhasil tumbuh signifikan 207,61% dari semula Rp 72,35 miliar pada semester I-2021.

Sebaliknya, penjualan lokal SCNP tercatat menurun 49,76%, dari sebelumnya berkontribusi sebesar Rp 138,77 miliar di semester pertama 2021, menjadi hanya Rp 69,71 miliar pada semester pertama tahun ini

Setali tiga uang, Donny juga mengiyakan bahwa kenaikan penjualan tersebut terutama berasal dari penjualan ekspor produk vacuum cleaner ke pasar Amerika Serikat (AS).

Menurutnya, meningkatnya permintaan dan kepercayaan konsumen membuat produk vacuum cleaner perseroan kian diincar di pasar AS.

"Kenaikan penjualan ekspor ini didorong oleh kenaikan permintaan dan naiknya kepercayaan dari konsumen kami atas produk yang dihasilkan dengan kualitas baik," tuturnya.

Pertumbuhan penjualan ekspor ini juga selaras dengan rencana perseroan yang memang punya misi untuk meningkatkan kontribusi ekspor menjadi 70% dari total penjualan tahun ini.

Hingga Juni lalu, realisasinya sudah melampaui target, di mana ekspor SCNP telah berkontribusi sebesar 75% terhadap keseluruhan penjualan selama semester I-2022.

Baca Juga: Selaras Citra Nusantara (SCNP) Akan Produksi Alat Sensor Tekanan Darah

Untuk memaksimalkan kinerja ekspor tahun ini, Donny menyebut bahwa SCNP akan selalu berusaha mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan, demi menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen luar negeri.

Termasuk dengan menambah jenis produk yang dihasilkan, salah satunya yakni menjual alat kesehatan untuk pasar ekspor. "Diharapkan penjualan ekspor secara total pada tahun 2022 ini bisa mencapai porsi yang lebih dominan dibandingkan dengan penjualan lokal," imbuhnya.

Tumbuhnya angka penjualan, membuat SCNP mampu membalikkan keadaan dari sebelumnya merugi menjadi laba. Per Juni 2022, perusahaan ini mampu meraup laba bersih tahun berjalan hingga Rp 3,93 miliar. Padahal, per Juni 2021 SCNP masih merugi sebesar Rp 11,07 miliar. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×