Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan kenaikan market share untuk penjualan ritel pasar ritel di enam bulan pertama tahun ini. Sepanjang Januari - Juni 2020 lalu, Daihatsu berhasil mengempit market share sebesar 18,4%. Angka ini lebih besar bila dibandingkan dengan market share Daihatsu pada periode sama tahun lalu yang hanya sebesar 17,6%.
Kenaikan market share didapat dari performa penjualan ritel Daihatsu di enam bulan pertama. Sepanjang semester I 2020 lalu, penjualan ritel Daihatsu mencapai 53.577 unit atau turun 39% dibanding periode sama tahun lalu.
Angka ini relatif lebih rendah bila dibanding angka penurunan penjualan ritel nasional yang anjlok 42% menjadi 290 ribu unit dibanding periode sama tahun lalu.
Baca Juga: Harga mobil bekas Daihatsu Sigra semakin murah, tak sampai Rp 100 juta
Secara model, penjualan retail Daihatsu masih tetap didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra dengan pencapaian sebesar 15.194 unit, atau setara dengan 28,4% dari total penjualan, lalu diikuti oleh Gran Max Pick-Up 11.010 unit (20,5%), dan Terios 8.360 unit (15,6%).
Selain mencatatkan kenaikan market share pada sisi penjualan ritel, Daihatsu juga berhasil meraup kenaikan market share pada sisi penjualan wholesales atau penjualan dari pabrikan ke diler.
Sepanjang Januari - Juni 2020 lalu, Daihatsu berhasil merengkuh market share sebesar 19,1% untuk penjualan wholesales. Angka tersebut lebih besar bila dibandingkan market share Daihatsu di sepanjang enam bulan pertama tahun 2019 lalu yang hanya mencapai 18,1%.
Sama halnya dengan kenaikan market share pada penjualan ritel, kenaikan market share pada wholesales juga disebabkan oleh performa penjualan wholesales Daihatsu yang lebih baik dibanding pasar.
Bersasarkan data internal Daihatsu, penjualan wholesales Daihatsu untuk periode Januari - Juni 2020 tercatat mencapai 49.774 unit atau turun 43% dibanding periode sama tahun lalu.
Baca Juga: Dengan Rp 70 juta, bisa bawa pulang mobil bekas Daihatsu Taruna Oxxy
Angka penurunan tersebut lebih rendah bila dibanding angka penurunan penjualan wholesales nasional yang anjlok 46% menjadi 260 ribu unit dibanding periode sama tahun lalu.
Ke depannya, Daihatsu berharap pasar otomotif nasional akan terus membaik. Adapun tanda-tanda pasar yang sudahh mulai berangsur-angsur membaik ini sudah dirasakan sejak Juni 2020 lalu.
“Pasar ritel otomotif nasional mulai menunjukkan peningkatan di bulan Juni 2020 dengan kenaikan hampir dua kali lipat dibandingkan Mei 2020,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Jumat (10/7).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News