Reporter: Noverius Laoli | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. Daya beli masyarakat yang membaik mendorong permintaan barang elektronik melaju kencang. Buktinya, sepanjang dua bulan pertama tahun ini, Electronics Marketer Club (EMC) mencatat penjualan barang elektronik tumbuh 115% dari periode sama tahun 2010.
Andry Adi Utomo, Manajer Umum PT Sharp Electronics Indonesia, memperkirakan, dengan melihat kinerja penjualan dua bulan pertama, pertumbuhan penjualan elektronik pada kuartal I-2011 ini bisa lebih tinggi lagi.
Pertumbuhan ini tak terlepas dari banyaknya produk baru yang membanjiri pasar domestik. "Pertumbuhan yang paling besar berasal dari penjualan audio video yang memberikan kontribusi sekitar 40%-50% terhadap total penjualan elektronik," ujarnya Andry, Senin (11/4).
Pertumbuhan ini pun tampak pada penjualan Sharp. Menurut Andry, pada kuartal I-2011 lalu, penjualan Sharp tumbuh 20% atau mencapai Rp 1,5 triliun. "Ini menyebabkan pangsa pasar kami mencapai 24%," kata Andry.
Mematok target tinggi
Andry memaparkan, pertumbuhan penjualan paling tinggi di kuartal I-2011 ini terjadi pada liquid crystal display (LCD) TV yang naik 100%. Disusul kemudian penjualan air conditioner (AC) yang naik sekitar 50%, mesin cuci naik sekitar 30%, lemari es naik 10%, dan TV tabung yang naik sebesar 5%.
Dari sisi pendapatan, kontribusi lemari es mencapai 35%, disusul TV (20%), mesin cuci (10%), LCD (10%), dan AC (10%). Hingga akhir tahun, Sharp yakin bisa menguasai 25% pasar elektronik.
Pertumbuhan penjualan juga dialami oleh PT LG Electronics Indonesia. "Pertumbuhan kami di atas 20%," ujar Kim Weon Dae, Presiden Direktur LG. Akibatnya, pangsa pasar LG menjadi 31%, naik tipis dari 30% sebelumnya.
Kontribusi terbesar penjualan LG berasal dari sektor hiburan rumah dengan sumbangan 50%. Sementara, home appliance menyumbang 40% penjualan LG. Divisi ini terdiri dari kulkas, mesin cuci, dan peralatan lainnya.
Untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar, LG kembali meluncurkan produk-produk baru seperti Cinema 3D TV, Smart TV, dan Home Appliance Green Health Plus Collection.
Dengan peluncuran sejumlah produk baru tersebut, LG berani menargetkan penjualannya selama 2011 ini bisa lebih tinggi 30% dibanding penjualannya di tahun 2010.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News