kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.006,37   -5,10   -0.50%
  • EMAS945.000 0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Sepanjang Libur Lebaran 2022, XL Axiata Mencatat Kenaikan Trafik Hingga 33%


Senin, 09 Mei 2022 / 21:06 WIB
Sepanjang Libur Lebaran 2022, XL Axiata Mencatat Kenaikan Trafik Hingga 33%
ILUSTRASI. XL Axiata Fasilitasi 660 Mitra Penjualan Pulang Kampung. KONTAN/Baihaki/26/4/2022


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. XL Axiata mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Yakni antara 24 April – 7 Mei 2022.

Data Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) di XL Axiata Tower, Jakarta menunjukkan, terjadinya kenaikan trafik layanan data secara nasional sebesar 33% lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya. Dan 11% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari bebasnya masyarakat uelakukan perjalanan mudik dan berlibur, setelah dua tahun sebelumnya hal tersebut dilarang karena terjadinya pandemi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, setelah dua kali Lebaran masyarakat kebanyakan tidak bisa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, Lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat di berbagai daerah.

Terlihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. “Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” kata Gede, dalam rillis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (8/5).

Pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Selama Ramadan dan Lebaran, trafik layanan data secara nasional didominasi streaming yang mencapai 52%. Menyusul social network sebesar 42%.

Pada layanan ini, kenaikan terjadi di sejumlah aplikasi. Seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 66%. Lalu Netflik naik 16%, YouTube naik 40%, TikTok naik 76%, Spotify naik 21%, dan Vidio relatif stabil.

Untuk layanan instant messenger, secara nasional trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 38%. Sementara itu, pada layanan social network, trafik Twitter meningkat 29% dan Meta (Facebook) 38%. Layanan lain juga mengalami kenaikan trafik.

Seperti belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 23%. Sedangkan web browsing naik 36%. Untuk layanan video conference Zoom, meskipun sepertinya mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi, karena ada libur sekolah dan cuti karyawan maka trafik pemakaiannya relatif stagnan cenderung menurun.

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 48% dibanding hari normal.

Sementara itu, untuk layanan telekomunikasi SMS naik 6%. Sementara voice menurun 3%. Pengganti layanan voice, yaitu VoLTE mengalami kenaikan signifikan hingga 13% dibandingkan hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data tertinggi berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 23%. Lalu Jawa Timur 24%, dan Jawa Barat 20%.

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera Bagian Utara secara rata-rata trafik data naik sebesar 21%, Sumatera Bagian Selatan 17%, Kalimantan 17%, Sulawesi 14%, Bali-Lombok-Sumbawa 19%.

Data menarik seputar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran juga terjadi pada layanan kovergensi XL Home/XL SATU Fiber. Secara nasional terjadi penurunan trafik sebesar 4% dibandingkan hari biasa atau naik sebesar 20% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan trafik XL Home ini tidak terlepas dari terus meningkatnya jumlah pelanggan secara nasional dalam periode setahun terakhir sebesar sekitar 19%. Saat ini total jumlah pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100.000 dengan cakupan lebih dari 658.000 home-passed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×