Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah maraknya olahraga lari, sepatu impor berdagangan membanjiri pasar Indonesia. Berbagai model baru terus bermunculan.
Namun di antara sebuan merek impor itu, terselip pemain lokal, yakni 910Nineten. Anastasia Irene, CEO 910Nineten Indonesia menjelaskan, saat ini 80% bisnis perusahaannya masih berasal dari sepatu lari (run). Sebanyak 10%-15% sepatu trail.
Pemain lokal sendiri belum banyak yang khusus bermain di pasar sepatu lari. Memang ada Ortuseight, Specs dan Mills. Namun ketiganya lebih banyak bermain di segmen sepatu sepakbola dan futsal.
Di tengah gempuran merek asing, 910Nineten masih mampu tumbuh dobel digit. Pada tahun 2023-2024, pertumbuhan bisnis 910Nineten mencapai 70%. Selanjutnya, pada tahun 2024-2025, pertumbuhannya mencapai 30%.
“Tahun ini, target pertumbuhan kami adalah 30%. Kami yakin target ini akan tercapai, karena pertumbuhan kami Januari-September 2025 sudah mencapai 32% dan target tahun depan tumbuh 25%,” kata Irene, Rabu (22/10).
Baca Juga: Sebulan Berlaku, Tarif Trump Bayangi Ekspor Sepatu Indonesia
Tidak hanya pasar domestik, 910Nineten juga sudah merambah pasar ekspor. Antara lain, ke Malaysia, Uni Emirat Arab dan Singapura. “Bahkan, dalam waktu dekat, kami akan masuk pasar Amerika Serikat (AS)," kata Irene. Kotribusi pasar ekspor ke 910Nineten ini sekitar 5%.
Saat ini, 910Nineten memiliki pabrik sendiri di Surabaya. “Pabrik ini punya saya dan partner. Jadi, material kami ambil sedikit dari luar, tepatnya dari Vietenam. Namun sebagian besar material masih dari lokal," terang Irene. Total kapasitas produksi pabrik di Surabaya itu mencapai 350.000 pasang per bulan. 910Nineten saat ini mempekerjakan 4.000 karyawan.
Salah satu kunci keberhasilan 910Nineten adalah inovasi yang rutin dihadirkan. Oleh karena itu, 910Nineten memiliki creative director dari Portland Amerika, Robert Gatti. Dia pernah berkarier di Adidas, New Balance, dan sebagainya. Namun seluruh tim, baik developer, desainer, dan sebagainya adalah tim lokal semua,” tegas Irene Dalam setahun, 910Nineten meluncurkan 3-4 model baru.
Ekspansi berikut 910Nineten adalah mengembangkan pasar sepatu hiking, ."Trail ada activiy adventure, yang mulai disukai market Indonesia. Anak turunan trail adalah hiking," ucap Irene.
Maka, 910Nineten memperkenalkan sepatu hiking Yuza Hikehero. Sebenarnya ini produk ketiga kategori hiking. Cuma produk sebelumnya tak dikomunikasikan secara masif. Bersamaan dengan peluncuran produk sepatu hiking, 910Nineten mengadakan aksi bersih lingkungan. "Kami engajak masyarakat Indonesia untuk bisa menikmati petualangan alam secara bertanggung jawab,” ucap Irene.
Selanjutnya: Trump dan Xi Jinping Akan Bertemu di Korea Selatan Pekan Depan, Ini yang Dibahas
Menarik Dibaca: 5 Film Disney+ yang Cocok Ditonton Orang Dewasa, Yuk Streaming Sekarang
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













