kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siap, tiket KA tambahan lebaran dijual pekan depan


Senin, 07 Juli 2014 / 15:03 WIB
Siap, tiket KA tambahan lebaran dijual pekan depan
ILUSTRASI. Rekomendasi saham Bank Mandiri


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Para pemudik yang belum mengantongi tiket untuk pulang ke kampung halaman saat lebaran nanti sepertinya bisa sedikit bernafas lega. PT Kereta Api Indonesia (KAI) baru saja melakukan pembelian dua set kereta dari PT INKA untuk menambah jumlah angkutan lebaran yang sudah disiapkannya.

Menurut Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan dua kereta barunya itu baru akan tiba dan siap digunakan pada pekan depan. "(Dijualnya) pekan depan, mungkin untuk operasi lebaran langsung," kata Jonan saat ditemui di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), siang ini (7/7).

Walaupun dua rangkaian kereta tersebut merupakan kereta tambahan tahap II yang dialokasikannya untuk musim mudik lebaran kali ini, tetapi Jonan tetap memastikan kalau harga tiket yang akan dijualnya masih sama seperti yang sudah-sudah. Rencananya dua set kereta buatan INKA itu akan dioperasikan menjadi kereta ekonomi dengan rute Pasar Senen-Semarang Poncol dan Pasar Senen-Kutoarjo.

Kata Jonan, pemesanan dua set kereta ini dilakukannya bukan serta merta karena masih banyaknya calon penumpang yang belum mendapatkan tiket untuk mudik lebaran. Menurutnya pemesanan kereta sudah dilakukan sejak jauh hari sebelumnya. "Kita gak mungkin pesan kereta 3 bulan atau 6 bulan, kita kalau pesan 1 tahun," imbuhnya.

Dua rangkaian kereta itu dibeli dengan harga Rp 71,07 miliar. Dua KA tersebut memiliki rangkaian 10 gerbong dengan kapasitas angkut setiap gerbong sekitar 80 penumpang sehingga kapasitas total masing-masing rangkaian KA sebanyak 800 penumpang. Saat ini untuk pengoperasiannya, PT KAI masih harus menunggu sertifikasi oleh Dirjen Perkeretaapian.

Selama arus mudik lebaran tahun ini, PT KAI telah menyiapkan kereta yang terdiri dari 293 rangkaian KA reguler, ditambah 18 rangkaian KA komersial, dan 14 KA ekonomi bersubsidi. Dari rangkaian KA yang disiapkan sebanyak itu, setiap harinya tersedi 197 ribu kursi per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×