kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.886.000   2.000   0,11%
  • USD/IDR 16.564   46,00   0,28%
  • IDX 6.948   115,61   1,69%
  • KOMPAS100 1.006   18,58   1,88%
  • LQ45 780   15,05   1,97%
  • ISSI 221   2,39   1,10%
  • IDX30 405   7,65   1,93%
  • IDXHIDIV20 477   9,48   2,03%
  • IDX80 113   1,82   1,63%
  • IDXV30 116   1,59   1,39%
  • IDXQ30 132   2,92   2,26%

Sido Muncul (SIDO) Optimis Target Pertumbuhan 10% pada 2025 Bakal Tercapai


Rabu, 14 Mei 2025 / 08:45 WIB
Sido Muncul (SIDO) Optimis Target Pertumbuhan 10% pada 2025 Bakal Tercapai
ILUSTRASI. PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) optimistis prospek kinerja pada 2025 masih sejalan dengan target yang telah ditentukan.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) optimistis prospek kinerja pada 2025 masih sejalan dengan target yang dibidik sepanjang tahun ini. 

Sebagai gambaran, pendapatan SIDO tercatat menurun 25% menjadi sebesar Rp 789,11 miliar, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,05 triliun.

Tekanan pada pendapatan turut menyeret kinerja laba. SIDO membukukan laba bersih sebesar Rp 232,94 miliar, anjlok 40,4% dibandingkan laba bersih kuartal I 2024 yang tercatat sebesar Rp 390,49 miliar.

Direktur Utama SIDO, David Hidayat mengatakan, penurunan kinerja selama kuartal I-2025 hanya bersifat temporer. 

Hal ini disebabkan adanya pergeseran masa puasa dan perpanjangan pembatasan pengiriman barang dibandingkan situasi pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Okupansi Hotel Melonjak Berkat Libur & Cuti Bersama Waisak 2025

“Terbukti dari penjualan April 2025 melonjak lebih dari dua kali lipat dibanding April 2024,” ungkap David, kepada Kontan.co.id, Sabtu (10/5) lalu. 

Manajemen SIDO pun optimistis prospek kinerja tahun ini masih sejalan dengan yang diharapkan. 

David pun menyatakan bahwa sudah mulai ada pemulihan kinerja penjualan pada bulan April atau memasuki periode kuartal kedua tahun ini. 

Adapun, SIDO menargetkan pertumbuhan penjualan dan laba sebesar 10% pada tahun 2025. 

“Diharapkan kondisi ini akan berlanjut pada kuartal berikutnya,” tuturnya. 

Sebagai strategi pertumbuhan, SIDO saat ini fokus pada perluasan pasar untuk menjangkau generasi muda.

Salah satu strategi yang dijalankan yakni menyiapkan produk atau varian baru yang sesuai dengan selera minat mereka.

Di sisi lain, SIDO juga akan memperluas pasar ekspor. Di mana, hingga saat ini porsi penjualan ekspor sudah mencapai 12% dari total penjualan. 

“Kami masih optimistis  penjualan ekspor tetap bertumbuh dengan adanya strategi pengembangan  pasar yang sudah dicanangkan, baik pertumbuhan penjualan di negara-negara fokus maupun pengembangan  pasar trading di negara-negara baru lainnya,” jelasnya. 

Pada tahun ini SIDO menyiapkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 150-Rp175 miliar. 

Realisasi capex hingga kuartal I-2025 sudah mencapai Rp13 miliar, yang digunakan untuk perawatan peralatan/fasilitas produksi. 

Baca Juga: Anggaran PU Naik Jadi Rp 73,68 Triliun, Beri Angin Segar pada Pengusaha Konstruksi

Selanjutnya: Nissan Bakal PHK 11.000 Karyawan, Tutup 7 pabrik

Menarik Dibaca: Final Destination: Bloodlines dan 6 Film Horor Gore Sadis Penuh Darah, Berani Nonton?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×