kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.004,12   8,15   0.82%
  • EMAS974.000 0,72%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Jurus Jitu Pertamina International Shipping Ciptakan Usaha Berkelanjutan


Sabtu, 14 Mei 2022 / 11:56 WIB
Simak Jurus Jitu Pertamina International Shipping Ciptakan Usaha Berkelanjutan
ILUSTRASI. Pertamina International Shipping (PIS)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Pertamina International Shipping (PIS) menggenjot penerapan tata kelola perusahaan yang baik ( Good Corporate Governance/GCG) di setiap lini usaha. Cara ini dinilai sebagai syarat kunci dalam mencapai kinerja PIS yang berkelanjutan

Menurut hasil evaluasi indeks GCG PIS untuk tahun 2021 yang berhasil mencetak skor 89,801 dengan predikat sangat baik.

Nilai ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020 yang mendapat nilai sebesar 84,495 dengan predikat Baik. Berdasarkan hasil penilaian GCG tahun 2021, PIS mencatat beberapa aspek yang dapat ditingkatkan (area of improvement) atas penerapan GCG di lingkungan perusahaan. 

Baca Juga: Pertamina International Shipping Teken Kerja Sama dengan Pertamina Rosneft

PIS juga mengadopsi sistem pemantauan risiko, manajemen risiko, dan sistem pengendalian internal PT Pertamina (Persero), serta menerapkannya dalam setiap aspek pengelolaan usaha. Hal ini merupakan bagian dari integrasi tata kelola, operasi, dan sinergi bersama dengan PTK, PKT, dan PIS PL dalam fungsi Sub Holding Integrated Marine and Logistics (SH IML) termasuk dalam rangka meningkatkan sinergi antar Subholding  PT Pertamina (Persero).

“Kami menyadari pentingnya penerapan GCG sebagai syarat kunci dalam mencapai kinerja PIS yang berkelanjutan,” ujar Pjs Corporate Secretary PIS Roberth MV Dumatubun dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (13/5). 

Assesment implementasi GCG perusahaan yang dilakukan oleh PIS sesuai dan berdasarkan standar alat uji Keputusan Sekretaris Menteri BUMN Nomor : SK-16/S.MBU/2012 tentang Indikator/Parameter Penilaian dan Evaluasi Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG) Pada BUMN, yang mencakup enam aspek pokok pengukuran meliputi komitmen terhadap Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik Secara Berkelanjutan, Pemegang Saham dan RUPS, Dewan Komisaris, Direksi, Pengungkapan Informasi dan Transparansi serta aspek lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×