kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak tips untung-rugi membeli mobil baru di akhir tahun


Minggu, 09 Desember 2018 / 11:00 WIB
Simak tips untung-rugi membeli mobil baru di akhir tahun
ILUSTRASI.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat terkadang memanfaatkan waktu akhir tahun seperti sekarang ini, untuk membeli mobil baru. Sebab, ada banyak keuntungan, terutama dalam hal mendapatkan potongan harga.

Hampir semua merek, terutama asal Jepang yang bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), Low Cost Green Car (LCGC) hingga hatchback dan mobil kota (city car) memberikan diskon.

Tawaran program potongan harganya pun cukup mengguirkan, karena bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sebagai contoh diskon di segmen LMPV dari Rp 15 jutaan, hingga maksimal Rp 28 juta, belum lagi segmen lain ada yang tembus Rp 38 juta.

Jelas, kondisi seperti itu mendorong minat masyarakat untuk membeli mobil. Belum lagi, ada penawaran lain yang diberikan oleh masing-masing merek. "Sudah pasti kalau diskon akhir tahun itu lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya. Karena kami juga ada target untuk menghabiskan stok produksi 2018," ujar tenaga penjual yang tidak mau disebutkan identitasnya itu ketika ditemui Kompas.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain untung, perlu diketahui bahwa membeli mobil baru di penghujung tahun juga ada ruginya. Seperti apa, pertama unit yang didapat jelas produksi 2018, bahkan kalau inden baru bisa dikirim awal 2019.

Belum lagi, jika membeli di akhir bulan ini, otomatis ada waktu untuk mengurus surat-surat, yang secara birokrasi sudah ada yang libur Natal dan Tahun Baru.

"Biasanya terakhir itu pekan kedua atau ketiga, kalau beli di akhir bulan atau pekan keempat, itu udah pasti dapat unitnya awal 2019. Ada proses, seperti mengurus pengajuan surat-surat ke polisi dan lain sebagainya," ucap tenaga penjual lain yang juga tidak mau disebutkan jati dirinya.

Nah, kira-kira seperti itu untung-rugi membeli mobil baru di penghujung tahun. Bagi yang membutuhkan referensi diskon mobil baru, Kompas.com beberapa waktu lalu sudah membahas dari berbagai segmen seperti LMPV, MPV, Hatchback, dan LCGC. (Aditya Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Untung-Rugi Beli Mobil Baru di Akhir Tahun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×