Reporter: Lili Sunardi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. Sukses memimpin pasar buku tulis di Indonesia, produsen Sinar Dunia berfokus mempertahankan posisinya. Produsen buku tulis ini melakukan sejumlah kegiatan promosi yang menyasar segmen anak-anak usia sekolah.
Sinar Dunia adalah merek dagang PT Tjiwi Kimia Tbk, yang berada di bawah naungan Asia Pulp Paper, anak usaha Sinar Mas Grup. Selain Tjiwi Kimia, Sinar Mas juga membawahi sejumlah perusahaan kertas lain, seperti PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Deli Pulp & Paper Mills, dan PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry. Merek dagang kertas Sinar Mas grup antara lain Sinar Dunia, Bola Dunia, dan Paperline.
Hendra Hinardi, Product Manager Sinar Dunia, mengatakan, saat ini pihaknya menjadi penguasa pasar buku tulis di Indonesia dengan market share 70%. "Sebagai pemimpin pasar, tahun ini kami akan fokus pada pengenalan merek agar tidak tergerus kompetitor," katanya disela-sela peluncuran establishment Sinar Dunia Book Factory di Kidzania, Jakarta, Rabu (21/3).
Menurut Hendra, buku tulis buatan Tjiwi Kimia tersebut akan berusaha mendekati anak-anak usia sekolah melalui kerjasamanya dengan pihak wahana hiburan. "Branding yang kami lakukan lebih kepada kerjasama dengan pihak yang memiliki segmen pasar anak-anak sekolah, sehingga bisa selaras nantinya," ujarnya.
Sayang, Hendra enggan menyebutkan investasi yang disiapkan Sinar Dunia untuk melakukan pengenalan merek mereka pada tahun ini. Dia hanya berharap, penjualan produk Sinar Dunia bisa tumbuh hingga 7% pada tahun ini dibandingkan tahun 2011.
Sekadar informasi, pada kuartal tiga 2011, penjualan bersih Tjiwi Kimia mencapai US$ 1,04 miliar, atau naik 4,47% dibanding torehan mereka di periode yang sama setahun lalu, yaitu US$ 999,8 juta. Namun, laba usaha Tjiwi Kimia turun tipis 2,7% menjadi US$ 90,41 juta pada kuartal ketiga 2011.
Selain itu, Hendra juga mengungkapkan, tahun ini Sinar Dunia akan memasarkan dua jenis buku tulis baru, yakni spiral book dan glue note book. Semua ini dilakukan untuk memperluas pasar, sehingga mereka tidak hanya menjangkau segmen anak usia sekolah dasar, melainkan juga usia sekolah lanjutan. "Kami juga mempererat kerja sama dengan beberapa toko buku, sehingga dapat mendistribusikan produk Sinar Dunia lebih luas lagi," jelasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News