kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinarmas siap beri modal untuk startup


Jumat, 13 Februari 2015 / 17:37 WIB
Sinarmas siap beri modal untuk startup
ILUSTRASI. Twibbon Hari Polwan 2023


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Grup Sinarmas milik taipan Eka Tjipta Widjaja siap menanamkan modalnya untuk mendorong bisnis perusahaan perintis digital (startup) di dalam negeri. Hal ini menyusul usulan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang akan menyiapkan institusi permodalan bagi start up lewat pendanaan dari sejumlah taipan di Indonesia.

Managing Director Grup Sinarmas Gandhi Sulistiyanto mengaku dirinya telah duduk bersama Menkominfo Rudiantara untuk membicarakan hal ini. "Hanya saja belum sampai berbicara hal teknis. Baru sebatas ide," kata Gandhi kepada KONTAN, Jumat (13/2).

Gandhi bilang, pihaknya sangat menyetujui ide ini. Hal ini lebih baik ketimbang investor asing yang meraih berkah dari bisnis startup yang mulai menggeliat. Namun, lantaran belum jelas teknis dan skemanya, dia belum bisa bicara berapa banyak investasi yang akan dikucurkan Grup Sinarmas.
"Yang jelas kami siap ikut serta dan mendukung program pemerintah ini," tegasnya.

Menurutnya, hal terpenting adalah teknis yang tidak terlalu rumit juga transparansi siapa pengelola dana dari taipan itu. Selain itu, perlu juga untuk pemerintah berkomitmen memenuhi akses infrastruktur broadband hingga ke seluruh wilayah nusantara.

"Ide ini sangat bagus, artinya ada komitmen pemerintah untuk meningkatkan ekosistem digital mulai dari akses hingga pendanaan dari lokal," terangnya.

Gandhi berujar, diakuinya bisnis start up memang perlu napas yang sangat panjang, namun ini adalah tren dunia. Dia berucap, bisnis ini harus dijalani karena teknologi telah mengubah cara berbisnis di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sejatinya, bisnis startup bukanlah hal baru bagi Grup Sinarmas. Grup ini telah memiliki Sinarmas Digital Ventures (SMDV), yakni sebuah Venture Capital (VC) alias investor yang menyuntik modal untuk pengembangan bisnis start up. Tercatat, di situs CrunchBase, website khusus para startup mencari VC yang bermarkas di San Fransisco, AS, SMDV telah dua kali berinvestasi.

Pertama, SMDV bersama Lippo Digital Ventures dan RMK Ventures juga Sovereign Capital pada 15 Januari 2015 berinvestasi sebesar US$ 2 juta Giftcard.co.id lewat Investasi seri A. Kedua, berinvestasi di Female Daily Network. Female Daily Network adalah Online Media yang didanai oleh SMDV bersama dua VC lainnya pada November 2014 dengan nilai US$ 1 juta yang bernama investasi seri A.

Lalu, di bawah salah satu cabang usahanya, PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA), grup ini memiliki bisnis multimedia. Yakni melalui anak usahanya, PT DSSA Mas Sejahtera ada dua usaha multimedia yang dijalani. Pertama, lewat PT Innovate Mas Utama yang menawarkan jasa internet cepat dan tv berbayar. Kedua, lewat PT Excite Indonesia, joint venture dengan perusahaan Jepang. Excite Indonesia menjalani bisnis ecommerce dengan mekanisme membeli melalui point.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×