Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan e-commerce enabler SIRCLO mengumumkan akuisisi atas Orami, platform parenting terbesar di Indonesia yang menggabungkan Commerce, Content, dan Community dalam satu aplikasi.
Kedua perusahaan memanfaatkan kekuatannya di bidang teknologi guna menyediakan layanan digital dari hulu ke hilir (end-to-end) kepada brands dari berbagai skala yang semakin komprehensif guna meningkatkan visibilitas, memperluas kategori produk, hingga menjangkau konsumen lebih banyak.
Melalui akuisisi ini, brands yang bekerja sama dengan SIRCLO dapat fokus pada aspek strategis bisnis saat terjun ke kanal e-commerce dan menyerahkan pengelolaan penjualannya kepada SIRCLO melalui solusi omnichannel yang dihadirkan.
Kesepakatan ini menggabungkan dua perusahaan yang sudah melayani lebih dari 100.000 brands dari skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga multinasional, serta menjangkau jutaan konsumen di 34 provinsi Indonesia.
Baca Juga: Begini Kata Pengamat Soal Prospek E-Commerce Enabler
Brian Marshal, Founder dan Chief Executive Officer (CEO) SIRCLO mengatakan, “Aksi korporasi ini dapat memperluas layanan enabler yang ditawarkan oleh SIRCLO untuk pemilik merek yang ingin memasuki pasar online. Orami memiliki situs belanja online yang memfasilitasi brands ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak. Di sini, kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu brands berjualan online dengan lebih strategis, terukur dan efisien,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (8/4).
SIRCLO membantu brands berjualan online melalui ragam solusi, seperti SIRCLO Store bagi UMKM dan SIRCLO Commerce bagi enterprise brands untuk memasuki jalur distribusi online.
Pada tahun 2020, SIRCLO mencatat lonjakan transaksi hingga 4x lipat yang didukung oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19. Pengelolaan keuangan yang efisien membuat SIRCLO berada di posisi yang profitable secara operasional di akhir tahun 2020, dan dengan omset gabungan mencapai Rp 3,3 Triliun.
Sebagai e-commerce produk Ibu dan Anak pertama dan terbesar di Indonesia, Orami merupakan satu-satunya parenting platform yang mampu menggabungkan Commerce, Content, dan Community di dalam satu ekosistem.
Orami juga menjadi e-commerce vertical yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 5 juta per bulan. Puluhan ribu Ibu-Ibu juga bergabung di komunitas Orami dan puluhan ribu artikel terkait pengasuhan anak, gaya hidup, dan rumah tangga tersedia di aplikasi Orami.
Komunitas dan model distribusi yang kuat dari Orami akan melengkapi strategi omnichannel yang ditawarkan lini bisnis SIRCLO.
SIRCLO memiliki kapabilitas teknologi serta infrastruktur untuk memperkuat kemampuan layanan enabler bagi pemilik merek dari kategori tersebut serta menjembatani brands dengan cakupan konsumen mass-affluent secara lebih luas lagi.
Kehadiran Orami menjadi perpanjangan upaya untuk mewujudkan misi tersebut, dengan kekuatan pada jaringan komunitas ibu yang aktif berbelanja kebutuhan parenting melalui e-commerce.
Baca Juga: Sirclo mencatatkan transaksi hingga Rp 1 triliun
Melalui jaringan sosial ini, SIRCLO dan Orami bermisi mendongkrak potensi social commerce untuk memberdayakan mompreneurs berbisnis serta memiliki penghasilan tambahan dengan cara menjual ragam produk dalam platform Orami ke komunitas sekitar.
"Kami melihat sinergi ini sebagai peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan Orami, serta di saat yang sama, juga dapat terus mengakomodasi kebutuhan brands maupun konsumen. Kemampuan Orami menjangkau konsumen secara luas selaras dengan yang selama ini telah dilakukan SIRCLO sebagai e-commerce enabler dengan infrastruktur dan jaringan ritel yang kuat. Banyak sekali potensi luar biasa yang bisa dieksplor, sehingga kami sangat senang bisa bergabung di keluarga besar SIRCLO,” terang Ferry Tenka, CEO Orami.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News