kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SKK Migas: Proyek migas yang onstream bisa dongkrak lifting migas di masa mendatang


Minggu, 21 Juni 2020 / 17:05 WIB
SKK Migas: Proyek migas yang onstream bisa dongkrak lifting migas di masa mendatang
ILUSTRASI. Ilustrasi lifting migas


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) masih mengupayakan agar sejumlah proyek migas yang onstream di tahun ini dapat berjalan tepat waktu. Hal ini supaya proyek-proyek tersebut bisa menopang produksi siap jadi atau lifting migas di masa mendatang.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menyebut, dari 12 proyek migas yang dijadwalkan onstream di tahun 2020, saat ini sudah ada lima proyek yang terealisasi.

Di antaranya adalah proyek Lapangan Buntal-5 oleh Medco E&P Natuna Ltd, Lapangan Randugunting oleh PT Pertamina Hulu Energi, Grati Pressure Low oleh Ophir Indonesia Ltd, Bukit Tua Phase 3 oleh Petronas Carigali Ketapang II Ltd, dan Power Plant Sembakung oleh PT Pertamina EP.

Baca Juga: SKK Migas: Serapan gas rendah, lifting gas bulan Mei hanya 79%

Catatan Kontan.co.id, 5 proyek yang sudah onstream di tahun ini berpotensi memberi tambahan produksi migas sebanyak 3.182 BOPD untuk minyak dan 109,5 MMSCFD untuk gas.

“Proyek lainnya masih sesuai jadwal di tahun ini, bahkan ada yang sedang mengusahakan untuk percepatan proyek yang akan onstream di masa depan untuk bisa segera onstream di tahun 2020,” ungkap Julius, Minggu (21/6).

SKK Migas masih mengupayakan lima proyek migas akan segera onstream pada kuartal III-2020. Proyek tersebut meliputi Malacca Strait Phase I oleh EMP Malacca Srait, Lapangan Cantik WK Belida oleh Sele Raya Belida, Kompresor Betung dan SKG-19 Musi Timur oleh PT Pertamina EP, Lapangan Meliwis WK Madura Offshore oleh Ophir Indonesia Ltd, dan Lapangan Peciko 8A WK Mahakam oleh Pertamina Hulu Mahakam.

Julius mencatat, sejauh ini proyek migas yang benar-benar gagal onstream di tahun 2020 adalah proyek Merakesh oleh Eni East Sepinggan Ltd. Proyek ini baru akan onstream di tahun 2021 nanti setelah sebelumnya dijadwalkan onstream pada September 2020.

“Proyek lain ada yang mundur tapi masih kami usahakan untuk bisa onstream di tahun ini, semoga lancar,” imbuh dia tanpa menyebut proyek yang dimaksud.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×