kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMAR gaet Prancis di bisnis kebun dan logistik


Kamis, 30 Maret 2017 / 21:33 WIB
SMAR gaet Prancis di bisnis kebun dan logistik


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Sinarmas Agro Resources &Technology Tbk (SMAR), anak usaha Golden Agri Resources (GAR) meneken dua nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan investor Prancis. Kerja sama itu untuk meningkatkan keberlanjutan dalam industri perkebunan, dan mengembangkan peluang dalam bidang logistik maritim.

MoU dengan perusahaan Riset Pertanian dan Pembangunan Internasional Perancis (CIRAD) menciptakan platform baru Sustainable Agricultural Landscapes in Southeast Asia (SALSA) untuk membangun kapasitas produksi yang berkelanjutan melalui penelitian dan pelatihan di seluruh ekonomi perkebunan di Indonesia dan Malaysia

Perjanjian kedua dengan Louis Dreyfus Armateurs (LDA), diteken di bawah naungan Presiden Prancis Francois Hollande dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk meningkatkan peluang dalam logistik maritim melalui akuisisi dan investasi sebesar US$ 100 juta selama lima tahun.

SMAR bagian dari perusahaan konsorsium Indonesia, meneken dua MoU dengan CIRAD untuk mendukung pembangunan perkebunan yang berkelanjutan, dan dengan LDA untuk membangun sektor logistik kemaritiman. Platform SALSA akan memberikan pelatihan-pelatihan berbasis penelitian dan meningkatkan standar keberlanjutan bagi rantai komoditas pertanian utama, termasuk kelapa sawit.

Platform SALSA merupakan kerja sama pemerintah dan sektor swasta untuk mengintegrasikan berbagai tim dari pemangku kepentingan yang berbeda-beda ke dalam proyek-proyek riset, pelatihan dan proyek-proyek pengembangan lainnya untuk mendukung pembangunan rantai pasok yang berkelanjutan dan melindungi keragaman hayati di Asia Tenggara.

Secara khusus, platform ini dimaksudkan untuk memperkuat standar keberlanjutan, berbagi pengetahuan dan inovasi, dan meningkatkan jumlah manajer perkebunan yang terlatih dalam hal praktik keberlanjutan dan standar sertifikasi. Nota kesepahaman ini juga ditandatangani oleh PT Riset Perkebunan Nusantara, the Asian and Pacific Community (APCC) dan PT SOCFINDO.

Presiden Direktur PT SMART, Daud Dharsono mengatakan, kerja sama CIRAD dan SMART telah berlangsung lebih dari 20 tahun yang lalu melalui pelatihan para mahasiswa, pegawai profesional perkebunan dan para peneliti dari seluruh dunia. Kerja sama ini telah memberikan dampak positif bagi perusahaan, para pemasoknya dan 50.000 petani swadaya melalui peningkatan produktivitas dan praktik agronomi yang lebih baik.

Kerja sama riset dan pengembangan dengan CIRAD ini telah berjalan dengan begitu baik, sehingga pada Maret 2016, kerjasama ini diperpanjang 10 tahun lagi. "Sebagai produsen kelapa sawit terpadu dan terbesar kedua di dunia, kami berharap informasi yang disajikan melalui platform ini akan memberikan manfaat positif bagi industri kelapa sawit yang berkelanjutan," papar Daud.

Managing Director-General CIRAD, Michel Eddi mengatakan, sektor agribisnis berperan sangat penting sebagai bagian dari pertumbuhan ekonomi regional. "Kami yakin jawaban terhadap upaya mengakhiri deforestasi dan pencapaian sertifikasi untuk produksi berkelanjutan terletak pada upaya membangun kapasitas, dan akan kami akan terus menyalurkan sumber daya, kegiatan riset dan pengembangan yang kami miliki pada industri-industri ini untuk dapat mewujudkan hal tersebut," ucapnya.

Sedangkan, kerja sama antara Golden Agri dan Louis Dreyfus Armaterus (LDA) akan mengevaluasi peluang bisnis yang ada di Indonesia untuk lima tahun mendatang di bidang logistik kemaritiman. Prancis merupakan salah satu mitra dagang terpenting Indonesia dari negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa dengan nilai perdagangan antara dua negara mencapai lebih dari US$ 2,23 milliar per tahun.

LDA merupakan perusahaan pemilik kapal yang terintegrasi secara penuh, yang menawarkan berbagai macam jasa, dari desain kapal hingga pengoperasian kemaritiman yang dikelola oleh tim perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×