Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. PT Smartfren Telecom Tbk mengincar dua pasar sekaligus lewat dua paket 4G LTE terbaru.
Paket Smartplan Limitless Rp 75.000 untuk pasar yang lebih banyak menggunakan data untuk sosial media. Lalu, Paket Kuota Super Besar 30 gigabyte (GB) seharga Rp 300.000 untuk pelanggan yang gemar menggunakan data besar seperti untuk streaming video.
Marketing Communication Division Head PT Smartfren Telecom Tbk, Derrick Surya mengatakan, saat ini 85% pendapatan Smartfren berasal dari data.
Sisa 15% lainnya dari SMS, telepon, dan lain-lain. Penggunaan data terbesar masih dipegang oleh sosial media. Kedua untuk browsing dan ketiga untuk streaming video.
Sampai akhir Maret 2016, Smartfren memiliki 12 juta pelanggan. Sebanyak 1,4 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G LTE. Saat ini akusisi pelanggan 4G baru sekitar 6.000 pelanggan per hari.
"Kami ingin mempercepat penetrasi 4G lewat aliansi strategis di open market serta paket data untuk open market," kata Derrick usai konferensi pers di Jakarta, Senin (25/4).
Open market yang dimaksud adalah pasar Smartfren yang tidak hanya pengguna smartphone Andromax pabrikan Huawei dan HiSense. Kartu Smartfren saat ini bisa digunakan untuk smarphone 4G LTE band 4 dan band 5 lainnya seperti Lenovo, Samsung, Asus, One Plus, dan Motorola.
"Memang saat ini pelanggannya masih lebih banyak dari Andromax. Sebab, open market ini masih baru. Tapi, ke depannya kami berharap pertumbuhannya justru dari open market," papar Derrick.
Jangkauan layanan Smartfren sudah mencapai 85 kota di Indonesia. Perusahaan mengklaim memiliki jangkauan 4G terluas di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News