kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Soal Link Net, Indosat-XL disarankan bersinergi


Senin, 22 Juni 2015 / 13:58 WIB
Soal Link Net, Indosat-XL disarankan bersinergi


Sumber: TribunNews.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Operator yang ingin mendapatkan sebagian saham PT Link Net Tbk dari PT First Media Tbk disarankan bersinergi menggarap layanan triple play dengan memanfaatkan kekuatan jaringan serat optik yang dimilikinya.

Dua operator yang kabarnya ikut menawar divestasi 33,82% saham Link Net dari First Media adalah PT Indosat Tbk dan PT XL Axiata Tbk. Selain keduanya, pesaing lain adalah Grup MNC melalui PT Global Mediacom Tbk.

“Kalau dilihat kondisi keuangan dari kedua operator itu, lebih baik mereka bersinergi saja. Bisa dari sisi jaringan atau membuat perusahaan patungan untuk menggarap layanan telepon, internet, dan TV (Triple play). Ini akan lebih efektif dari sisi keuangan dan bisa kompetitif menghadapi Telkom yang menguasai pasar Triple Play,” kata Kepala Riset Woori Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada di Jakarta, Senin (22/6).

Menurutnya, saat ini kondisi keuangan dari XL dan Indosat tengah dibebani jumlah utang yang besar. Jika memaksakan diri ikut dalam persaingan mendapatkan sebagian saham Link Net, pilihannya berutang atau menerbitkan saham baru.
 
“Opsi pendanaan tak bagus bagi keduanya. Lebih baik sinergikan jaringan optik yang dimiliki. Tetapi ini semua tergantung kepada pemegang saham masing-masing,” katanya.

Dalam catatan, XL dan Indosat memiliki aset serat optik sekitar 60 ribu KM, jauh lebih banyak dari Link Net yang sekitar 20 ribu KM. Kedua operator ini sebenarnya sudah bekerjasama dalam pembangunan serat optik untuk jaringan optik. Sayangnya, semua masih untuk keperluan transmisi mobile, belum  dijual untuk broadband retail ke konsumen.

Harga ketinggian

Terkait dengan kabar beredar yang menyatakan banderol sebagian saham Link Net menembus angka US$ 500 juta, menurut Reza, lumayan tinggi jika melihat infrastruktur yang dimiliki. 

Link Net memiliki sekitar 1,5 juta home passed dan sekitar 377 ribu pelanggan TV berbayar. Bandingkan dengan Telkom memiliki sekitar 7 juta Home Passed, sementara pemimpin layanan TV Berbayar, Indovision, memiliki 2,5 juta berbayar.

“Saat ini Link Net posisinya adalah anak usaha First Media. Harus dicermati juga beban dari Link Net yang ditanggung First Media. Nanti, kalau sudah dilepas tentu tak ditanggung lagi oleh induk usaha,” paparnya.  

Dalam laporan keuangan  First Media menyatakan memang membukukan kerugian sebesar Rp 461,733 miliar sepanjang kuartal I 2015 berbanding terbalik dengan periode sama 2014 dimana masih mencicipi keuntungan Rp 55,5 miliar.

Perseroan menanggung kenaikan beban layanan menjadi Rp300,74 miliar di kuartal I 2015 dari Rp149,23 miliar di kuartal I 2014.

Sedangkan Link Net di periode kuartal I 2015 mendapatkan keuntungan sebesar Rp 145,2 miliar atau  naik 4,9% dibandingkan periode sama 2014 sebesar Rp 138,4 miliar.

First Media sendiri telah melepas 7,45% sahamnya atau 226,68 juta saham dalam Link Net di harga Rp6.000 per saham pada Oktober 2014.

First Media menerima Rp1,3 triliun dari aksi private placement tersebut. Pembeli saham itu yakni Credit Suisse (Singapore) Limited, Goldman Sachs International, dan CIMB Bank Berhad, Cabang Labuan Offshore yang akan melegonya ke investor institusional. (Sanusi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×