kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Softbank dan Sequoia suntik Tokopedia US$100 juta


Rabu, 22 Oktober 2014 / 16:08 WIB
Softbank dan Sequoia suntik Tokopedia US$100 juta
ILUSTRASI. 5 Kesalahan Mencuci Muka yang Harus Anda Hindari, Jangan Keliru!


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Hari ini, Rabu (22/10), perusahaan belanja online PT Tokopedia mengumumkan babak investasi senilai US$100 juta atau Rp 1,2 triliun dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital. investasi ini disebut-sebut merupakan rekor investasi pertama dengan nilai US$100 juta yang berhasil dicatat oleh perusahaan internet asal Indonesia dan Asia Tenggara.

Investasi ini merupakan investasi pertama SoftBank Internet and Media untuk perusahaan internet di Indonesia, demikian juga merupakan investasi pertama Sequoia Capital di Indonesia. 

SoftBank sendiri merupakan investor terbesar dari Alibaba di China, Yahoo Japan, Supercell (perusahaan game di balik Hay Day dan Clash of Clans). Sementara Sequoia Capital merupakan investor awal di Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram.

"Melalui investasi ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membangun tim yang semakin baik, mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para merchants Tokopedia serta memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna setia kami. Pengguna kami adalah prioritas utama kami. Kami akan fokus agar merchants kami semakin sukses. Ini adalah prinsip terpenting dari bisnis model kami," katanya CEO Tokopedia William Tanuwijaya, Rabu (22/10).

Sementara itu, Nikesh Arora, Vice Chairman dari SoftBank dan CEO dari SIMI mengatakan, pihaknya antusias senang bekerja lebih dekat dengan Tokopedia. Menurutnya, di Asia, khususnya Indonesia potensi pertumbuhan untuk online marketplace sangat luar biasa, dan sejak Tokopedia berdiri, mereka telah menunjukan pertumbuhan yang signifikan dengan bisnis model mereka yang inovatif.

"Mengandalkan sinergi dengan jaringan bisnis internet kami, kami percaya kami dapat membantu kemajuan Tokopedia di pasar Indonesia," ucapnya

Shailendra Singh, Managing Director, Sequoia Capital India Advisors menambahkan, pihaknya tertarik dengan visi belanja online dari Tokopedia yang berupa markeplace. Dirinya optimistis bersama Tokopedia bisa membangun perusahaan internet ternama di masa yang akan datang.

Sedangkan, Teruhide Sato, CEO dari Beenos, salah satu investor awal di Tokopedia juga menyatakan keoptimisannya dengan kehadiran investor baru ini. "Saya percaya kerjasama strategis ini akan membuka era baru untuk semua perusahaan internet di Indonesia," katanya.

Didirikan pada tahun 2009, Tokopedia tumbuh sangat pesat dan menjadi marketplace online terbesar di Indonesia. Dengan adanya pendanaan baru ini, Tokopedia akan semakin fokus dalam visinya membangun Indonesia lebih baik lewat internet, melakukan akuisisi pelanggan, mengembangkan team, dan inisiatif lainnya dalam rangka semakin mengukuhkan posisi Tokopedia sebagai perusahaan internet asal Indonesia yang mampu bersaing secara global. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×