kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45947,15   -9,97   -1.04%
  • EMAS977.000 -1,21%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Soroti Kenaikan Harga Komoditas Beberapa Minggu Terakhir, Begini Permintaan IKAPPI


Kamis, 23 Juni 2022 / 10:44 WIB
Soroti Kenaikan Harga Komoditas Beberapa Minggu Terakhir, Begini Permintaan IKAPPI
ILUSTRASI. Warga dengan memakai masker melakukan transaksi jual beli di Pasar. KONTAN/Baihaki/11/8/2021


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Melihat kondisi harga komoditas seluruh negara tinggi dan beberapa negara menahan komoditas strategis untuk diekspor keluar negeri termasuk di Indonesia.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mendorong Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian untuk melakukan kolaborasi bersama Badan Pangan Nasional dan semua pihak stakeholder yang ada di dalamnya untuk memastikan produksi dan stok komoditas cukup pada periode kuartal II ini.

Reynaldi Sarijowan, Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI mencatat, menjelang Idul Adha, terdapat beberapa komoditas yang harganya cukup tinggi di Jabodetabek dan beberapa daerah lain.

Ia mencatat, komoditas seperti cabai rawit, sudah tembus di harga 110.000 per kg, cabai merah keriting mencapai 90.000 per kg, cabai merah besar TW 85.000 per kg, bawang merah tembus 60.000 per kg, ayam di kisaran 40.000 per ekor, kemudian telur tertinggi 29.000 per kg.

Baca Juga: Harga Pangan Terus Naik, Ini Catatan dari Ikappi

"Melihat hal ini Ikappi merekomendasikan agar Kemendag dan Kementan tidak saling menyalahkan dan saling berkoordinasi untuk memastikan keamanan stok dan melakukan distribusi dengan baik di pasar-pasar," tutur Reynaldi dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Kamis (23/6).

Pihaknya juga meminta kepada Pemerintah untuk membantu subsidi dan distribusi dari wilayah-wilayah yang surplus ke wilayah-wilayah yang kebutuhan konsumsinya cukup besar.

Reynaldi juga menambahkan jika omset pedagang yang turun drastis serta daya beli masyarakat yang menurun, bisa menjadi perhatian Pemerintah.

Kami meminta Pemerintah untuk bersama-sama menjaga dan memulai memangkas rantai distribusi yang cukup panjang karena ini berdampak kepada kenaikan harga ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×