kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.935   -60,00   -0,38%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Strategi Blue Bird (BIRD) untuk pemulihan bisnis di sisa tahun 2021


Minggu, 21 November 2021 / 14:41 WIB
Strategi Blue Bird (BIRD) untuk pemulihan bisnis di sisa tahun 2021
ILUSTRASI. Strategi Blue Bird (BIRD) untuk pemulihan bisnis di sisa tahun 2021


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pelonggaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai memberi dampak positif bagi kelangsungan bisnis PT Blue Bird Tbk (BIRD). 

Perusahaan transportasi taksi ini pun berupaya memperbaiki kinerjanya di sisa tahun 2021. 

Sebagai informasi, BIRD mengalami penurunan pendapatan bersih sebesar 7,09% (yoy) menjadi Rp 1,44 triliun per kuartal III-2021. Di sisi lain, rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk BIRD menyusut 57,57% (yoy) menjadi 66,32 miliar. 

Direktur Utama BIRD Sigit Djokosoetono menyampaikan, mobilitas masyarakat tampak terus meningkat seiring turunnya level PPKM di beberapa daerah. Peningkatan mobilitas masyarakat ini juga berdampak pada kenaikan permintaan dari pelanggan terhadap layanan taksi Bluebird. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan Toyota, Blue Bird (BIRD) hadirkan taksi hybrid di bandara Soetta

“Saat ini, rata-rata penghasilan argo per mobil per hari sudah mendekati kondisi normal atau sebelum pandemi,” ujar Sigit, Jumat (19/11). 

Hal ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat akan kemampuan BIRD dalam memberikan layanan yang aman, nyaman, dan higienis sesuai dengan perkembangan kondisi pandemi.

Sayangnya, Manajemen BIRD tidak bisa menyampaikan data-data proyeksi kinerja keuangan sampai akhir tahun ini.

Yang terang, strategi BIRD berpusat pada tiga pilar transformasi pada perusahaan, yaitu multi-channel yang mana BIRD meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam menggunakan layanan perusahaan. 

Baca Juga: Dirut Blue Bird: Kami telah belajar banyak dari tahun 2020

Dalam praktinya, BIRD menambahkan layanan Goldenbird Hourly Service serta Bluebird Kirim pada aplikasi My Bluebird, sehingga masyarakat dapat semakin mudah untuk menggunakan layanan Bluebird.

Kemudian, terdapat multi-payment berupa pemberian kemudahan transaksi dan meminimalisasi kontak antar manusia.  Adapun multi-product yaitu BIRD berupaya membangun ekosistem moda transportasi untuk mendukung konsep mobility as a service.

Penerapan pilar multi-product berkaitan dengan usaha BIRD memperkuat bisnis non taksi berupa penyewaan kendaraan untuk personal maupun korporat, penyewaan bus, hingga layanan Bluebird Kirim. Bisnis non taksi BIRD dinilai mengalami pemulihan yang cukup kuat di tengah masa pandemi. 

Seluruh penerapan pilar-pilar transformasi tersebut didukung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan kerja Bluebird Group, seperti sterilisasi berkala untuk armada serta memastikan kondisi pengemudi dalam keadaan sehat.

“Kami juga bersyukur bahwa pengemudi Bluebird sudah 100% tervaksinasi guna memberikan kenyamanan ekstra bagi mereka dalam melayani dan keamanan bagi tamu kami,” ungkap Sigit.

Selanjutnya: Beri fleksibilitas pembayaran, Blue Bird gandeng Gopay

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×