kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi Cerestar Indonesia (TRGU) Memenangkan Persaingan Industri Tepung Terigu


Kamis, 14 Desember 2023 / 07:10 WIB
Strategi Cerestar Indonesia (TRGU) Memenangkan Persaingan Industri Tepung Terigu
ILUSTRASI. Cerestar Indonesia (TRGU) optimistis dalam memenangkan persaingan di industri tepung terigu dalam negeri.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU) optimistis dalam memenangkan persaingan di industri tepung terigu dalam negeri dengan empat pabrik yang telah dimiliki. 

Cerestar Grup memiliki empat pabrik di tiga kota. Satu pabrik Cerestar berlokasi di Cilegon. Dua pabrik di Medan atas nama PT Cerestar Flour Mills (CFM) dan Agri First Indonesia (AFI). Kemudian, satu pabrik atas nama anak usaha Harvestar Flour Mills (HFM) di Gresik, Jawa Timur.

Yang terbaru, TRGU juga tengah mempersiapkan pabrik tepung mereka di Gresik, Jawa Timur yang memiliki kapasitas 1.600 metrik ton per hari. Cerestar berharap pabrik ini akan beroperasi pada 2024. 

Direktur Utama TRGU Indra Irawan mengatakan, bisnis tepung terigu di Indonesia adalah suatu bisnis yang sangat ketat persaingannya.

Baca Juga: Cerestar Indonesia Catatkan Penurunan Laba pada Kuartal III-2023, Ini Penjelasannya

“Namun, keunggulan kami adalah strategic location pabrik yang kami miliki berada di tempat berbeda. Jadi kalau geografi di Indonesia, kami ada di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatra yaitu di Medan,” ungkap Indra dalam paparan publik TGRU, Rabu (13/12). 

Salah satu penentu terbesar dalam bisnis tepung terigu adalah biaya transportasi. “Dengan adanya lokasi yang berbeda, kami bisa membeli dalam kapasitas besar dan menjadi lebih efisien. Kemudian, saat bahan baku sampai ke Indonesia, kami bisa langsung bagikan di tiga tempat lokasi pabrik kami yang berbeda itu,” tambah dia.

Selain itu  Cerestar Grup juga turun melakukan langkah dalam rangka mendukung ESG. Cerestar mencoba meminimalkan konsumsi energi dan air dan meminimalkan limbah dengan menerapkan solusi tanpa kertas.

Baca Juga: Permintaan Terigu dan Bahan Pakan Ternak Meningkat, Pendapatan TRGU Tumbuh 54,1% YoY

“Produksi Cerestar menghasilkan lebih sedikit limbah karena seluruh bahan baku dapat dimanfaatkan untuk produksi,” kata Indra.

Dari segi sosial, Cerestar mengutamakan kepuasan dan feedback pelanggan, memberikan nilai sosial ekonomi kepada masyarakat sekitar serta pelatihan & pengembangan yang tepat kepada karyawan.

Cerestar memastikan terpenuhinya K3L dalam proses produksi dan berupaya menciptakan lingkungan kerja yang layak, aman, setara dan adil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×