Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha
KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Persaingan bisnis ritel teknologi semakin ketat di Indonesia, terutama di segmen produk premium. Untuk memperbesar porsi penjualan, Digimap mulai menerapkan strategi baru dengan menghadirkan produk lokal serta memperluas jaringan toko.
Digimap merupakan Apple Premium Partner di bawah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP).
Farah Fausa Winarsih, GM Marketing PT MAP Zona Adiperkasa, mengatakan, langkah menggandeng seniman lokal Muklay untuk turut memproduksi aksessoris untuk kebutuhan produk Apple menjadi titik awal perusahaan masuk ke lini produk lokal.
“Ini produk lokal pertama yang kami hadirkan, dan ke depan akan semakin didorong. Dan ini yang membuat kami berbeda darikompetitor ya," ujarnya menjawab pertanyaan KONTAN, usai acara peluncuran produk Muklay, di Jakarta, Rabu (20/8).
Namun, untuk bisa menjual produk lokal di gerainya bukanlah hal yang murah. Farah menjelaskan, setiap desainnya dan setiap jenis produknya harus sesuai dengan tim Apple.
Baca Juga: Digimap Perkuat Ritel Fisik, Penjualan Offline Jadi Penopang Bisnis
"Mereka akan memastikan dulu profil dari artist illustratornya, secara konten juga harus dikurasi dahulu dengan tim Apple," jelasnya.
Selain menghadirkan merchandise Muklay, Digimap juga mengandalkan strategi ekspansi gerai. Saat ini, Digimap mengoperasikan 84 gerai, dengan target mencapai 100 toko hingga akhir 2025.
Salah satu pencapaian terbaru adalah pembukaan gerai di Timika, Papua, yang menjadi pintu masuk perusahaan ke pasar Indonesia paling Timur.
“Ekspansi ke wilayah Indonesia Timur penting untuk mengakomodir kebutuhan konsumen di luar kota besar, sehingga produk Apple bisa diakses lebih merata,” lanjut Farah.
Langkah Digimap ini memperlihatkan strategi diversifikasi di tengah persaingan ketat ritel gadget premium. Di satu sisi, produk lokal diharapkan menambah daya tarik bagi konsumen muda; di sisi lain, penambahan gerai memperluas jangkauan pasar.
Dengan kombinasi keduanya, Digimap berupaya memperkuat posisinya di pasar ritel teknologi nasional yang semakin kompetitif.
Selanjutnya: ADHI Kantongi Nilai Kontrak Baru Rp 3,8 Triliun per Juli 2025
Menarik Dibaca: Promo Minyak Goreng di Indomaret 21-27 Agustus 2025, Tropical Botol Lebih Murah
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News