kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.115.000   10.000   0,48%
  • USD/IDR 16.454   4,00   0,02%
  • IDX 8.025   67,48   0,85%
  • KOMPAS100 1.124   9,97   0,90%
  • LQ45 815   8,29   1,03%
  • ISSI 276   2,50   0,91%
  • IDX30 424   4,41   1,05%
  • IDXHIDIV20 490   3,80   0,78%
  • IDX80 123   1,15   0,94%
  • IDXV30 134   1,41   1,07%
  • IDXQ30 137   0,82   0,60%

Strategi Hager Group untuk Perluas Pasar di Tanah Air


Rabu, 17 September 2025 / 20:44 WIB
Diperbarui Rabu, 17 September 2025 / 21:47 WIB
Strategi Hager Group untuk Perluas Pasar di Tanah Air
National Sales Director PT Hager Electro Indonesia, Linda Koesno bersama Branch Manager Wira Elektrik, S. Edi Noegroho.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar elektrifikasi bangunan di Indonesia masih menjanjikan. Produsen solusi elektrifikasi asal Jerman, Hager Group, menegaskan bahwa segmen business-to-business (B2B) menjadi pilar utama penopang bisnis dengan kontribusi sekitar 70% dari total penjualan.

Branch Manager Wira Elektrik, S. Edi Noegroho, menyebut target utama Hager di Indonesia memang menyasar sektor residensial, industri, serta gedung-gedung komersial. 

"Kontribusi terbesar saat ini datang dari B2B sekitar 70%, sedangkan B2C masih di kisaran 30%,” ujarnya di sela pameran Electric & Power Indonesia 2025 di Jakarta, Rabu (17/9).

Edi menjelaskan, strategi B2B dipilih karena dapat menjangkau proyek berskala besar yang tersebar di berbagai kota. Untuk memperkuat penetrasi pasar, Hager menunjuk Wira Elektrik sebagai distributor resmi sejak 2021. Kolaborasi ini kemudian diperluas dengan jaringan sub-dealer di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Baca Juga: Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia Perkuat Pasar Lewat Ajang IFFINA+ 2025

“Indonesia ini kan cukup luas. Ada juga permintaan dari luar Jawa seperti Sulawesi. Kadang mereka butuh informasi teknis atau layanan cepat, jadi kami hadirkan distribusi yang fleksibel melalui Wira Elektrik dan sub-dealer,” imbuhnya.

National Sales Director PT Hager Electro Indonesia, Linda Koesno, menambahkan bahwa Hager terus memperkuat distribusi di Indonesia seiring meningkatnya permintaan elektrifikasi bangunan modern. 

"Kami melihat peluang besar dari sektor konstruksi dan properti, sehingga distribusi lokal yang kuat menjadi kunci,” jelasnya.

Selain memperluas pasar, Hager juga aktif menghadirkan produk baru. Pada ajang Electric & Power Indonesia 2025, perusahaan memperkenalkan Eco-ACB HWS yang dirancang untuk mendukung sistem tenaga listrik skala besar dengan konsep Smart, Safe, and Simple

Hager juga meluncurkan saklar Hager Desire dengan desain tanpa bingkai yang menyasar segmen hunian modern. Dengan kombinasi distribusi lokal yang solid, kolaborasi dengan mitra, serta inovasi produk, Hager optimistis menjaga dominasi di pasar elektrifikasi Indonesia.

Baca Juga: Kenaikan Volume dan Harga Jual Mendongkrak Kinerja Arwana Citramulia (ARNA)

Selanjutnya: Kepala BGN Sebut Akan Utamakan Produk Lokal dalam Pengadaan Food Tray Program MBG

Menarik Dibaca: PSG vs Atalanta (18/9): Prediksi, Line-up, dan Ujian Juara Bertahan Liga Champions

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×