kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45693,86   4,52   0.66%
  • EMAS909.000 -0,87%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Sudah stop impor, produksi avtur Pertamina sudah mandiri


Selasa, 26 November 2019 / 13:27 WIB
Sudah stop impor, produksi avtur Pertamina sudah mandiri
ILUSTRASI. Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) PT. Pertamina (Persero) di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua Barat, Kamis (21/11/2019). Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan produksi avtur oleh Pertamina telah dilakukan secara mandiri.

Reporter: Filemon Agung | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina siap jika pihak swasta turut serta dalam penyediaan avtur sektor industri penerbangan Tanah Air.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memastikan produksi avtur oleh Pertamina telah dilakukan secara mandiri. Selain itu, Pertamina telah meningkatkan kapasitas Kilang Cilacap sehingga produksi avtur dapat dilakukan dalam jumlah yang lebih besar.

"Sejak Maret 2019 kita sudah berhenti impor avtur dan sejak Juni 2019 sudah mulai ekspor untuk avtur," kata Nicke, Selasa (26/11).

Baca Juga: Soal polemik avtur, Dirut Pertamina: Tantangan ada pada rantai distribusi

Nicke menambahkan, harga avtur Pertamina tergolong kompetitif. Ia menjelaskan, demi menemukan perbandingan harga, Pertamina turut menyediakan avtur bagi maskapai Indonesia di bandara-bandara di luar negeri.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, dengan kondisi yang ada maka Pertamina sangat siap jika nantinya swasta turut serta menjajakan avtur.

"Kami sudah siap, seperti yang disampaikan Bu Nicke. Sistemnya sesuai mekanisme pasar saja," terang Fajriyah.

Baca Juga: Ini tiga tantangan Pertamina ke depan versi Dirut

Nicke mengungkapkan panjangnya rantai distribusi avtur ke kawasan Indonesia Timur memang masih menjadi tantangan bagi Pertamina.

Untuk itu, ia bilang Pertamina terus berupaya membangun infrastruktur demi memperpanjang ketahanan pasokan avtur dan sebagai upaya efisiensi oleh Perramina.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×