kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Knight Frank Indonesia: Pasar Properti akan Pulih di Kuartal IV-2022


Rabu, 25 Mei 2022 / 15:14 WIB
Survei Knight Frank Indonesia: Pasar Properti akan Pulih di Kuartal IV-2022
ILUSTRASI. Foto udara memperlihatkan pembangunan kompleks perumahan di Depok, Jawa Barat,


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Knight Frank Indonesia melakukan survei bertajuk Indonesia Property Survey pada April 2022 yang diikuti berbagai pelaku properti.

Survei tersebut merangkum pandangan terkini mengenai pasar properti di Indonesia, khususnya awal tahun 2022.

Tercatat, sejumlah 90% responden menggambarkan optimisme terhadap akan pulihnya sektor properti di tahun 2022.

“Diikuti dengan 57% responden yang mengindikasikan bahwa sektor properti akan sepenuhnya bangkit di kuartal IV-2022,” kata Syarifah Syaukat, Senior Research Advisor, Knight Frank Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (25/5).

Dia menambahkan, berdasarkan survei tersebut, sekitar 66% responden mengungkapkan bahwa naiknya gelombang inflasi di ranah global dan nasional akan sangat berdampak pada pemulihan sektor properti.

Baca Juga: Permintaan Perumahan Tinggi, Begini Strategi Bumi Serpong Damai (BSDE) di Tahun Ini

Sementara itu, masing-masing 61% dan 59% responden juga berpendapat bahwa pemberlakuan kenaikan angka Pajak Pertambahan Nilai (PPN) serta krisis global akibat perang Ukraina-Rusia merupakan dua faktor utama yang berdampak negatif pada pemulihan sektor properti secara umum.

Di samping itu, survei juga mencatat bahwa subsektor residensial mash mendominasi sebanyak 60%sebagai sektor properti yang dinilai mampu memiliki performa positif bahkan di tengah berbagai tantangan di atas.

Adapun, sebagian besar responden menilai bahwa kenaikan PPN, tingginya inflasi, dan krisis ekonomi global akan sangat berdampak terhadap perkembangan sektor properti saat ini.

“Namun optimisme tetap tergambar, apalagi dengan masih adanya insentif PPN TP yang bisa membantu menggenjot performa subsektor residensial,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×