kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Survei Robert Walters: Sebagian besar pekerja di Indonesia puasa dengan gajinya


Rabu, 28 November 2018 / 20:50 WIB

Survei Robert Walters: Sebagian besar pekerja di Indonesia puasa dengan gajinya
ILUSTRASI. Para Pekerja Sedang Istrahat


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Robert Walters Indonesia yang merupakan perusahaan spesialis rekrutmen merilis survei mengenai gaji. Survei ini menyasar pekerja di level middle up dibeberapa perusahaan multinasional.

Ricky Chandra, Manajer Perbankan & Jasa Keuangan Robert Walters Indonesia mengatakan, sepanjang tahun ini mayoritas pekerja di level middle and up manajemen puas dengan gajinya.

"Itu merefleksikan bahwa gaji di Indonesia ini sudah ada tren kenaikan dari sebelumnya," ujarnya di Jakarta, Rabu (28/11).

Sedangkan pada tahun depan, banyak pekerja di level middle and top manajemen berharap kenaikan gaji di level 20%-25% ketimbang tahun ini. Peningkatan gaji ini biasanya juga dibarengi dengan keinginan pindah ke perusahaan baru.

Bagi pekerja yang memilih bertahan di perusahaan lama, berharap ekspektasi peningkatan gaji sekitar 10%. Jumlah tersebut lebih tinggi ketimbang pertumbuhan ekonomi domestik yang hanya berkisar 5% saja.

Namun ekspektasi peningkatan gaji ini juga dibarengi persoalan miss and match di sektor pekerjaan. Banyak perusahaan yang memaksakan menempatkan orang yang kurang tepat pada posisi tertentu, hal ini karena suplai tenaga kerja terampil belum bisa menjawab kebutuhan industri.

"Data tahun 2015, dari populasi pekerja kita sebanyak 52% under qualified, jadi mungkin tidak cocok ditempatkan di posisi tertentu, padahal kualifikasinya tidak tepat," kata Ricky.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Komarul Hidayat

Video Pilihan


Close [X]
×