kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Suzuki Melihat Pergeseran Tren Mobil Mengarah ke Segmen SUV


Selasa, 25 Januari 2022 / 19:50 WIB
Suzuki Melihat Pergeseran Tren Mobil Mengarah ke Segmen SUV
ILUSTRASI. Booth Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang, Banten.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebutuhan produk mobil tiga baris jok seperti segmen Sport Utility Vehicle (SUV) makin ramai peminat. Hal tersebut didorong oleh pergeseran tren kebutuhan mobil.

4W marketing director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengungkapkan bahwa secara prinsip kebutuhan mobil SUV masih sangat besar di Indonesia. “Saat ini, mobil dengan kapasitas 7 kursi menjadi pilihan utama bagi keluarga di Indonesia. Dengan demikian, segmen mobil SUV lebih dibutuhkan untuk mengakomodasi permintaan tersebut,” ujar Donny kepada Kontan (25/1).

Donny menambahkan bahwa dulu jenis mobil SUV dibutuhkan ketangguhannya untuk melewati jalanan yang ekstrem. Namun, saat ini telah ada inovasi dalam mobil SUV berupa perpaduan antara ketangguhan dan kenyamanan dalam berkendara. Kini, mobil segmen SUV tidak hanya dipakai untuk keadaan jalan yang ekstrem, namun juga bisa digunakan untuk sambil menikmati kenyamanan berkendara di jalan perkotaan.

Baca Juga: Potensi Segmen SUV Dinilai Menarik oleh Sejumlah Pabrikan Otomotif

Terkait jenis mobil SUV, Suzuki memiliki beberapa jenis mobil segmen SUV yang masing-masing kebutuhannya disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Mobil-mobil SUV milik suzuki antara lain Suzuki Ignis yang diklaim unggul dalam kelincahannya, XL7 untuk perjalanan daily traveling keluarga, Suzuki S-Cross untuk perjalanan di segala kondisi jalan dan Suzuki Jimny yang secara bentuk, desain, dan fungsi lebih dikhususkan untuk dunia off-road. Dari berbagai jenis produk SUV tersebut, Suzuki mengungkapkan bahwa jenis mobil XL7 merupakan produk paling diminati dan sekaligus menjadi tulang punggung dari Suzuki.

Donny menjelaskan bahwa perkembangan mobil SUV semakin diminati. Dirinya mencotohkan bahwa telah ada pergeseran tren permintaan jenis mobil. “20 tahun lalu adalah eranya mobil jenis sedan. Kemudian 10 tahun lalu adalah erannya mobil jenis MPV. Sedangkan, di era sekarang tren mulai bergeser ke mobil jenis SUV,” tutur Donny.

Berdasarkan data Suzuki, Donny menjelaskan bahwa secara keseluruhan pembelian mobil tiap tahunnya diperkirakan sekitar 85% adalah first time car buyer. Selain itu, pembeli kendaraan Suzuki rata-rata berusia 30-50 tahun dengan keluarga yang terdiri dari suami istri, orang tua dan anak-anak.

Baca Juga: Honda Prospect Motor (HPM) Sebut Potensi Bisnis Mobil Segmen SUV Masih Positif

Berangkat dari hal tersebut, Suzuki mengklaim bahwa kendaraan SUV merupakan jawaban dari kebutuhan konsumen. Dibekali kapasitas kursi hingga 7 penumpang dan dapat diandalkan di segala medan jalan, Suzuki menilai bahwa jenis mobil SUV adalah jenis mobil yang cocok bagi kebutuhan keluarga di Indonesia saat ini.

Terkait perencanaan di tahun ini, Donny menjelaskan bahwa di tahun ini Suzuki akan mengeluarkan produk SUV lagi. Meskipun belum membocorkan jenis ataupun spesifikasi produk tersebut, Donny memastikan bahwa pengenalan produk baru tersebut akan mengikuti tanggal pada kalender otomotif yang meliputi gelaran acara seperti Indonesia International Motor Show (IIMS), Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×