kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suzuki Menambah Investasi US$ 50 Juta


Kamis, 12 November 2009 / 09:11 WIB
Suzuki Menambah Investasi US$ 50 Juta


Sumber: Kontan | Editor: Test Test

JAKARTA. Produsen sepeda motor PT Suzuki Indomobil Motor tak mau ketinggalan dibanding pesaingnya, Honda dan Yamaha. Untuk memperkuat posisinya di pasar, tahun depan, produsen moda roda dua asal Jepang ini akan menambah investasinya di Indonesia sebesar US$ 50 juta.

Suzuki menambah investasi untuk menaikkan produksi dari 500.000–600.000 unit tahun ini menjadi 720.000 unit.

Adapun jenis sepeda motor yang akan mereka genjot produksinya adalah motor skutik. Suzuki berencana menaikkan produksi motor skutiknya 50% dari 200.000 unit menjadi 300.000 unit per tahun.

"Merek lain sudah mempersiapkan kapasitas produksi, jadi sekarang kami juga menyiapkan," ujar Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor, Yoshiji Terada, Rabu (11/11). Terada menambahkan, investasi untuk jenis motor tersebut memang lebih mahal dari jenis lain.

Suzuki akan melakukan penambahan investasi dalam bentuk pembelian berbagai mesin untuk menunjang kenaikan produksi di pabrik motornya di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Investasi ini juga bagian dari rencana Suzuki meluncurkan tujuh motor baru, dari model skutik, bebek, hingga sport. "Ini masih rahasia, tapi model baru terbanyak akan tetap dari segmen bebek. Pokoknya, di semua lini akan hadir produk baru, tunggu saja tanggal mainnya," ujar Terada, tanpa bersedia menjelaskan lebih detail.

Terada bilang, persaingan motor tahun depan akan sengit seiring dengan membaiknya pasar lokal. Menurut perkiraan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan sepeda motor tahun depan akan naik menjadi 6 juta unit.

Menyambut bergairahnya pasar sepeda motor tahun depan, Suzuki menargetkan pangsa pasar sepeda motornya di Indonesia yang tahun ini sebesar 8% naik menjadi sekitar 15%. Untuk meraih target kenakan pangsa pasar itulah Suzuki menambah produksi dan meluncurkan produk baru.

Pesaing Suzuki, Yamaha juga bakal meluncurkan beberapa produk motor terbarunya di 2010. Vice President Director PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Dyonisius Beti, mengatakan Yamaha telah mempersiapkan peluncuran produk-produk motor baru sejak tahun ini. Produk baru tersebut jenis skutik maupun jenis lainnya.

Dyonisius juga masih enggan menjelaskan rincian motor yang akan mereka luncurkan maupun rencana kenaikan produksi motornya. "Sebenarnya kalau diluncurkan tahun ini kami juga siap, tapi kami harus melihat dulu bagaimana kebutuhan dan daya beli konsumen," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×