kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Syarat Lion Air rebut pangsa pasar Air Asia


Rabu, 22 Januari 2014 / 21:30 WIB
Syarat Lion Air rebut pangsa pasar Air Asia
Seorang petugas melayani pengendara motor untuk pembelian bahan bakar minyak pada SPBU Pertamina di Jalan Rasuna Said, Jakarta, Rabu (31/8/2022).


Sumber: TribunNews.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Lion Air (Indonesia) memiliki peluang besar untuk merebut pangsa pasar Air Asia (Malaysia) sebagai maskapai bertarif rendah atau low cost carier (LLC) terbesar di Asia.

Demikian prediksi Dean Wicks, Chief Flights Officer Wego, situs pencarian perjalanan terkemuka di Asia Pasifik dan Timur Tengah.

Dalam siaran persnya kepada Tribunnews.com, ia mengatakan saat ini Air Asia memimpin dengan enam maskapai regional yang beroperasi di bawahnya. Masing-masing maskapai juga masuk dalam sepuluh besar LCC di kawasan Asia Pasifik.

“Air Asia saat ini memiliki armada terbanyak dengan jumlah 520 pesawat termasuk pesanan, namun sebentar lagi Lion Air akan menyusul dengan 721 pesawat termasuk pesanan,” katanya.

Di samping itu, agar dapat menyaingi Air Asia di pasarnya, Dean berpendapat Lion Air memerlukan komitmen investasi besar untuk mengembangkan kesadaran merek dan meraih pangsa pasar.

"Akan menarik melihat keduanya bersaing di wilayah Asia,” tuturnya.

Tak hanya Lion Air, Air Asia juga mendapat pesaing dari negeri sendiri yaitu Malindo Air.

Pendatang baru tersebut memiliki rencana besar untuk Malaysia, dimulai dengan ekspansi ke sejumlah destinasi baru dan bersaing head to head dengan Air Asia.

“Malindo saat ini memiliki 12 pesawat dan berencana untuk menambah armada hingga lebih dari 100 pesawat pada satu dekade ke depan,” ujar Dean.

Bersanding dengan rute-rute yang dimiliki Air Asia saat ini, Malindo juga menambah dua lokasi strategis, yakni dari Kuala Lumpur ke Ahmedabad (India) dan Chittagong (Bangladesh).

“Dengan populasi di Bangladesh yang mencapai 150 juta dan ketiadaan layanan maskapai bertarif rendah, bisa Anda bayangkan betapa rute-rute ini akan menjadi populer,” jelasnya. (Tribun Jakarta/Daniel Ngantung)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×