kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TAM Meluncurkan Alphard Seharga Rp 800 juta


Selasa, 28 Juli 2009 / 08:34 WIB


Sumber: KONTAN | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Jumlah mobil anyar yang diluncurkan di Indonesia International Motor Show di Kemayoran, Jakarta, kian banyak. Kemarin, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil multi fungsi premium Alphard yang mengusung mesin 2.400 cc (2.4 L).

TAM meluncurkan dua varian Alphard ini, yakni varian G dan X. Tipe pertama dibanderol dengan harga on ther road Rp 900 juta, sedangkan tipe kedua dihargai Rp 800 juta.

Sebelum meluncurkan Alphard 2.4 L, tahun 2008 lalu, TAM sudah menjual tipe 3.5 liter seharga Rp 1,1 miliar. Sepanjang tahun lalu, total penjualan Alphard tipe 3.5 L ini mencapai 44 unit.

Menurut Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), peluncuran varian Alphard yang lebih murah itu dipicu oleh permintaan yang terus naik.

Joko merujuk pada data total penjualan Alphard di negeri ini. Asal Anda tahu, selain TAM yang menjadi agen tunggal pemegang merek (ATPM), mobil mewah ini juga juga dipasarkan oleh para importir umum di Indonesia.

Nah, data registrasi di Kepolisian menunjukkan, selama Januari hingga Juli 2009, penjualan Alphard tercatat sebanyak 600 unit. Namun dari jumlah itu, hanya 12 unit yang berasal TAM. "Konsumen memilih membeli lewat importir karena harganya lebih murah," kata Joko.

Dengan merilis varian baru yang lebih murah, Joko yakin, penjualan Alphard TAM tahun ini bisa mencapai sekitar 200 unit. Sebanyak 150 unit akan disumbang tipe 2.400 cc ini.

Joko menambahkan, TAM juga sengaja mengambil momen menjelang Lebaran untuk meluncurkan produk ini. Sebab, berkaca dari tahun sebelumnya, penjualan mobil keluarga menjelang Lebaran selalu naik pesat.

Betul, TAM memang akan bersaing dengan dengan importir umum yang menjual Alphard lebih murah. Tapi, Joko optimis konsumen bakal memilih TAM.

”Kami menawarkan layanan purna jual. Konsumen akan mendapatkan komponen asli dari kami. Kami punya 193 sales outlet, 179 bengkel dan 41 body paint center. Kami juga memberikan pelayanan servis gratis hingga 50.000 km dan garansi tiga tahun atau 100 km,” timpal Wakil Presiden Direktur TAM Shinji Fujii.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×