kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tambah Ovo, ini daftar 5 startup pemilik gelar Unicorn di Indonesia


Senin, 07 Oktober 2019 / 20:31 WIB
Tambah Ovo, ini daftar 5 startup pemilik gelar Unicorn di Indonesia
ILUSTRASI. Pengemudi ojek online menunggu penumpang


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia telah memiliki lima perusahaan rintisan (startup) yang menyandang gelar Unicorn. Julukan ini diberikan kepada startup yang sudah memiliki valuasi di atas US$ 1 miliar dollar, setara Rp 14,1 triliun.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sebelumnya menargetkan, bakal ada lima startup asal Indonesia yang menyandang gelar Unicorn sebelum akhir 2019. Kini, target itu tercapai berkat Ovo yang dia sebut telah menyandang gelar tersebut.

Lantas, startup apa saja yang memiliki gelar Unicorn di Indonesia? Simak pemaparan KompasTekno yang merangkum daftar startup Unicorn dunia pada The Global Unicorn Club yang lembaga riset AS, CBInsight, rilis Senin (7/10).

Baca Juga: Rudiantara sebut Ovo jadi startup unicorn kelima dari Indonesia

1. Gojek

Gojek dirintis Nadiem Makariem pada 2010 silam. Perusahaan yang bernaung di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ini merupakan startup asal Indonesia pertama yang menyabet gelar Unicorn.

Gelar ini Gocek dapat setelah menerima kucuran dana sekitar US$ 550 juta (Rp 7,2 triliun) dari sejumlah investor pada Agustus 2016 lalu. Misalnya, Formation Group, Sequoia Capital India, dan Warburg Pincus.

Perusahaan yang awalnya fokus di bidang transportasi ini (GoRide dan GoCar) sekarang memiliki aneka layanan yang bertujuan untuk mempermudah aktivitas masyarakat. Sebut saja, GoFood, GoSend, serta GoMassage.

Baca Juga: Tembus US$ 40 miliar, ekonomi digital Indonesia terbesar di ASEAN

Gojek pun sudah melebarkan sayapnya ke luar Indonesia, seperti Singapura, Vietnam (dengan nama Go-Viet), dan Thailand (dengan nama Get!). Kini, Gojek sudah menyandang gelar Decacorn, sebutan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$ 10 miliar.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×