kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Target penguasaan pasar Astra Daihatsu Motor (ADM) masih 17% di 2020, ini alasannya


Minggu, 03 November 2019 / 16:59 WIB
Target penguasaan pasar Astra Daihatsu Motor (ADM) masih 17% di 2020, ini alasannya
ILUSTRASI. Peluncuran New Astra Daihatsu Sigra: President Director PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura (kiri) dan Chief Executive PT Astra International - Daihatsu Sales Operation Supranoto (kanan) saat Peluncuran New Astra Daihatsu Sigra di Tangerang, Banten, Seni


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) agaknya belum mau memasang target yang ambisius untuk tahun depan. Pasalnya, ADM masih akan mematok target penguasaan pasar yang sama untuk tahun ini, yakni sebesar 17%.

“(Target penguasaan pasar) kami tidak naik juga tidak turun lah, (sebab) mempertahankan (target) saja sudah sulit ya,” ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra ketika ditemui pada Jumat (01/11).

Baca Juga: Astra Daihatsu Motor (ADM) recall Granmax 1.500 cc dan Luxio

Amelia menjelaskan bahwa penentuan target penguasaan pasar juga dipengaruhi oleh kondisi pasar yang ada. Sementara itu, Amelia memperkirakan kondisi pasar yang ada pada tahun depan tidak akan jauh berbeda dengan tahun ini sehingga ADM belum berencana untuk mengubah target penguasaan pasar ataupun meluncurkan line up baru di tahun 2020.

Sementara itu, untuk tahun 2019 sendiri, Amelia mengatakan bahwa realisasi penjualan ADM masih sejalan dengan target penguasaan pasar yang ditetapkan. Per September 2019,   ADM telah mencatatkan penjualan ritel sebanyak 127.639 unit.

Apabila dihitung, volume penjualan tersebut setara dengan sekitar 16,8% dari total penjualan ritel dalam negeri pada sembilan bulan pertama tahun ini yang sebesar 758.413 unit.

Capaian tersebut menjadikan ADM sebagai Agen Pemegang Merek (APM) dengan market share terbesar kedua setelah Toyota yang memiliki penguasaan pasar sebesar 31,6%.

Sebagai informasi, sebagian besar realisasi penjualan ritel ADM ditunjang oleh penjualan segmen low cost green car (LCGC) sebanyak 54.257 unit atau setara dengan sekitar 42,50% dari total penjualan ADM.

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) Incar Menjadi Pemasok Pabrik Baru Hyundai di Indonesia

Apabila dihitung, penjualan LCGC ADM tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,4% apabila dibandingkan dengan penjualan LCGC ADM sebanyak 53.497 unit pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Secara brand, penjualan ritel ADM masih didominasi oleh Sigra dengan pencapaian total 37.241 unit atau berkontribusi sebesar 29,2% dari total penjualan. Selanjutnya, posisi kedua disusul oleh penjualan Gran Max PU sebanyak 25.865 unit atau setara dengan 20,3% penjualan ritel.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×