kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Targetkan jual 2,5 juta Lenovo, ini strategi TRIO


Senin, 10 Februari 2014 / 08:40 WIB
Targetkan jual 2,5 juta Lenovo, ini strategi TRIO
ILUSTRASI. Pre Season Friendly - Arsenal v Sevilla - Emirates Stadium, London, Britain - July 30, 2022 Arsenal's Gabriel Jesus celebrates scoring their fifth goal with Gabriel Martinelli to complete his hat-trick. Action Images via Reuters/Paul Childs


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Tedy Gumilar

JAKARTA. Lewat kerjasama eksklusif dengan Lenovo, PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) akan menggenjot penjualan lewat toko mereka sendiri. Penjualan dari toko milik Trikomsel ditargetkan tumbuh 40% tahun ini. Sementara, penjualan produk Lenovo, terutama ponsel, ditargetkan naik 2,5 kali lipat.

Presiden Direktur Trikomsel, Sugiono Wiyono Sugialam,  menyatakan, sampai tutup tahun 2013, penjualan terbesar masih disumbangkan oleh pedagang eceran. "Tahun ini, kami ingin penjualan on store bisa tumbuh 40%. Harapannya, penjualan on store bisa sama atau malah melebihi dengan penjualan eceran," kata Sugiono kepada KONTAN, Minggu (9/2).

Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak penjualan ponsel pintar di tokonya sendiri. Menurut Sugiono, cara ini cukup ampuh menarik konsumen mengingat pertumbuhan ponsel pintar yang diramal terus melejit.

Berdasar riset Frost & Sullivan, penjualan ponsel pintar di Indonesia pada 2009 sampai 2015 rata-rata tumbuh 58,06%. Pada tahun 2015 penjualan ponsel pintar di Indonesia diprediksi mencapai 18,7 juta unit. "Selama ini, porsi smartphone di toko kami hanya 30%-40%. Tahun ini, kami akan memperbanyak jumlahnya, sehingga porsinya bisa 50%-70%," ucapnya.

Penambahan penjualan ponsel pintar ini didukung dengan kerjasama eksklusif dengan PT Lenovo Indonesia. Sejak ditunjuk sebagai distributor resmi komputer buatan Lenovo pada 2011, dilanjutkan dengan kerjasama eksklusif untuk seluruh produk Lenovo, Trikomsel mengerek pangsa pasar perusahaan teknologi asal China itu tembus 10% di tahun 2013 di Indonesia.

Direktur Keuangan Trikomsel Oke Juliana Samudra menambahkan, tahun lalu, penjualan Lenovo mencapai satu juta unit. Seiring popularitas yang kian menanjak dan harga yang relatif terjangkau, tahun ini, penjualan produk Lenovo ditargetkan naik 2,5 kali lipat menjadi 2,5 juta unit.

Menurut Juliana, keuntungan menjadi distributor eksklusif Lenovo adalah dapat mengelola harga jual agar tidak ada perang harga di pasar. Perusahaan bisa lebih mudah mengelola penjualan ponsel pintar Lenovo di Indonesia.

Oh ya, selain merek Lenovo, Trikomsel juga mengandalkan penjualan ponsel cerdas merek Samsung, Nokia, juga handset bikinan Apple.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×