kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,20   -27,53   -2.86%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tarif Commuterline Bakal Naik Tahun Depan, Jadi Berapa?


Selasa, 13 Desember 2022 / 04:17 WIB
Tarif Commuterline Bakal Naik Tahun Depan, Jadi Berapa?
ILUSTRASI. Tarif Commuterline (KRL) direncanakan bakal naik pada 2023 mendatang. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tarif Commuterline (KRL) direncanakan bakal naik pada 2023 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Melansir Kompas.com, Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, pihaknya pun dalam hal ini adalah Kemenhub sudah menyiapkan untuk aturan-aturan terkait kebijakan tarif KRL naik ini. 

"Jadi sebenarnya kita sudah siap untuk sesuaikan tarif KRL, sudah dikaji, dan Peraturan Menteri (Permen) sudah ditandatangani. Tinggal tunggu waktu kapan sesuaikan tarif. Kalau tarif tidak disesuaikan Public Service Obligation (PSO) bisa berkurang. Insya Allah di 2023 awal ada berita-berita soal kenaikan tarif," ujarnya dalam Ngobras Ipdate Perkembangan Proyek Ditjen Perkeretapian, Senin (12/12/2022). 

Adapun mengenai besaran kenaikan tarifnya, Risal belum membeberkan kepastian berapa tarif kenaikannya. Namun untuk tarif saat ini, tarif KRL dibanderol Rp 3.000 untuk 25 kilometer pertama. Sementara untuk tarif lanjutan KRL 10 km berikutnya tetap di angka Rp 1.000. 

Baca Juga: Volume Penumpang KAI Mencapai 89,9 Juta Hingga Semester I 2022

"Tidak jauh dari situ (Kenaikan per kilonya dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000). Dan itu masih kita kami terus, meskipun permennya (Peraturan Menteri) sudah siap, tapi kami tetap mengkaji mana yang pas untuk masyarakat," jelas dia. 

Risal menambahkan, tarif KRL naik tersebut dilakukan karena beberapa hal, diantaranya yakni pelayanan yang sudah diberikan kepada masyarakat terus meningkat 

"Salah satunya pelayanan dan kebutuhan pso dan lainnya dan banyak pertimbangannnya," jelas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Bakal Naikan Tarif Commuterline di 2023, Jadi Berapa?"
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×