kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Teknologi Karya Digital Nusa Gandeng Dishub Sumatera Utara Wujudkan Smart Terminal


Selasa, 02 April 2024 / 22:12 WIB
Teknologi Karya Digital Nusa Gandeng Dishub Sumatera Utara Wujudkan Smart Terminal
ILUSTRASI. Perangkat yang dikembangkan PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON) untuk solusi transportasi darat.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) melakukan kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara untuk menghadirkan smart terminal yang didukung dengan sistem monitoring Smart Command Center di Terminal Tipe B di Sumatera Utara .

David Santoso, Direktur Utama TKDN mengatakan, kerja sama itu akan menghadirkan digitalisasi sistem pengawasan operasional terminal yang terintegrasi untuk mengoptimalkan pelayanan dan pengelolaan Terminal Tipe B di Sumatera Utara, serta membangun smart command center untuk memonitor dan mengetahui secara real time kinerja Terminal Tipe B.

Ia bilang, penerapan smart terminal tersebut termasuk sistem manajemen pengawasan antrian kendaraan yang tujuannya mengawasi antrian kendaraan serta menghitung jumlah kendaraan keluar dan masuk area terminal.

Baca Juga: Investor Asing Tertarik Bangun Hunian dan Smart City di IKN

“Lalu menghaditkan sistem informasi dan monitoring yang memberikan informasi real-time tentang kondisi terminal, sistem Keamanan dan pengawasan dengan CCTV dan sistem keamanan lainnya, dan smart command center.” kata David dalam keterangan resminya, Senin (1/4).

Adapun command center ini akan dilengkapi dengan sistem integrasi data yakni dengan menggabungkan data dari berbagai sumber, seperti CCTV, sensor, dan sistem informasi lainnya, sistem analitik yang berfungsi untuk menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan, dashboard executive yang menampilkan informasi secara real-time pada layar besar untuk memudahkan pemantauan, serta kerjasama strategis untuk meningkatkan layanan.
 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Agustinus Panjaitan, mengatakan, kerja sama tersebut merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi pengelolaan terminal dan sistem transportasi di Sumatera Utara. 

Baca Juga: Kerjasama Binance dan Tron Berakhir

“Kedepan kami akan mengembangkan sistem monitoring melalui smart command center untuk memonitor kondisi prasarana transportasi, termasuk mobilitas pegerakan kendaraan yang masuk atau keluar dari wilayah Sumatera Utara. Kami yakin teknologi TKDN akan membantu kami dalam mewujudkan Smart City di Sumatera Utara dan digitalisasi dalam sektor transportasi,” kata Agustinus.

Tahap awal, smart terminal dan smart command senter akan diimplementasikan di 3 terminal, yaitu terminal Kabanjahe di Kabupaten Karo, terminal Lubuk Pakam di Kabupaten Deli Serdang, dan erminal  Pasar X Tanjung Beringin di Kabupaten Langkat

Baca Juga: PT AGIT Transformasi Pelabuhan Internasional Anggrek Menuju Smart Green Port
 
Sebelumnya, emiten berkode saham TRON ini telah memiliki pengalaman di Kota Medan dengan menjadi penyedia sistem IT pada program Buy The Service di Kementerian Perhubungan. Dengan menghadirkan Solusi Smart City, perusahaan ini juga mencoba meimplementasikan di kota-kota lain yang potensial, seperti Palembang, Solo, Yogyakarta, Denpasar, Banyumas, Bandung, Banjarmasin, Makassar dan Surabaya.

“Selain itu, TKDN  telah bekerjasama dengan dinas provinsi masing-masing daearah seperti Jawa Timur, Aceh, Kalimantan Selatan, serta perusahaan operator bus seperti Adiputro, Tentrem dan Bagong terkait sistem pengawasan dan keselamatan.” pungkas David. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×