Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan internet milik Telkom Group, baik fixed (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) mengalami gangguan sejak Minggu (19/9/2021) sore.
Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan gangguan tersebut disebabkan oleh adanya masalah pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak.
Pujo turut menjelaskan, pihaknya pun kini telah menemukan titik yang menjadi sumber dari gangguan tersebut.
"Gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut," ujar Pujo dalam pernyataan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (20/9/2021).
Baca Juga: Hingga pagi ini internet Telkomsel masih mengalami gangguan, ini wilayah terdampak
Karena titiknya sudah teridentifikasi, Pujo mengatakan pihaknya akan segera mempersiapkan upaya perbaikan infrastruktur sesegera mungkin, sehingga layanan kembali berangsur pulih seperti sedia kala.
Pujo tidak mengumbar kapan proses perbaikan ini akan rampung. Yang jelas, untuk saat ini, Pujo mengklaim bahwa layanan internet milik Telkom Group sudah berangsur pulih dan kembali normal.
Untuk saat ini, jalur internet dialihkan sementara (rerouting), dan dilakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia, seperti dari Papua, Kalimantan, maupun Jawa, dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.
Pengguna masih mengeluh
Meski demikian, pantauan KompasTekno, Senin (20/9/2021) pagi, gangguan IndiHome dan Telkomsel ini tampaknya masih melanda sejumlah pengguna.
Menurut seorang pengguna IndiHome bernama Icha, ia masih merasakan adanya penurunan kualitas jaringan dari biasanya. "Saya sebenarnya bisa mengakses link Google Drive untuk mengisi absen dan untuk kerja, tetapi internetnya ini sangat lambat dan loading terus," kata Icha kepada KompasTekno.
Baca Juga: Rajin ekspansi, VoLTE Telkomsel kini sudah hadir di 219 kota