Reporter: Leni Wandira | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) terus memperkuat posisinya sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Setelah mencatatkan pendapatan sebesar Rp 57,17 triliun pada paruh pertama 2024, meningkat 29,9% secara tahunan atau year-on-year (yoy).
Telkomsel kini mengarahkan fokusnya untuk mempercepat pertumbuhan pengguna layanan fixed broadband IndiHome. Dengan strategi yang komprehensif dan inovatif, perusahaan menargetkan peningkatan jumlah pelanggan hingga dua kali lipat pada akhir tahun ini.
VP Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyampaikan bahwa hingga kuartal kedua 2024, Telkomsel telah berhasil meningkatkan jumlah pelanggan fixed broadband IndiHome dari 8,9 juta menjadi 9,1 juta.
Baca Juga: Telkom (TLKM) Diproyeksi Moncer Tahun Depan, Simak Rekomendasi Sahamnya
"Saat ini Telkomsel memiliki total lebih dari 9,1 juta pelanggan fixed broadband. Dengan dukungan dari berbagai inisiatif pemasaran dan peningkatan layanan, kami optimis dapat mencapai target pertumbuhan pelanggan positif hingga akhir tahun ini," kata Saki kepada KONTAN, Jumat (18/10).
Menurutnya, pertumbuhan ini ditopang oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk perbaikan jaringan dan layanan, serta pengembangan produk-produk digital yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar, terutama generasi muda.
Dalam upaya meningkatkan pengguna IndiHome, Telkomsel memfokuskan strategi pada tiga pilar utama: kecepatan, stabilitas, dan aksesibilitas digital. Saki menjelaskan generasi muda mengutamakan layanan yang cepat dan stabil.
Baca Juga: Luncurkan Data Centre ke-25 di Yogyakarta, Telkom (TLKM) Jaring 2 Klien
"Oleh karena itu, kami berinvestasi dalam peningkatan kualitas jaringan serta menghadirkan paket-paket yang relevan dengan kebutuhan mereka, seperti Paket IndiHome Movie yang mencakup akses ke Netflix, Disney+ Hotstar, dan berbagai layanan streaming lainnya," ujarnya.
Selain itu, Telkomsel memperkenalkan Paket Jitu 1, yang menawarkan layanan internet dengan harga terjangkau dan akses eksklusif ke konten OTT seperti Disney+ Hotstar. Produk ini diharapkan dapat menarik lebih banyak pelanggan dari segmen generasi muda yang memiliki preferensi terhadap hiburan digital.
Di tengah persaingan yang semakin ketat dengan penyedia layanan internet lain seperti First Media, Biznet, dan MNC Play, IndiHome menonjolkan diferensiasi layanan sebagai strategi utama.
"Kami fokus pada kualitas jaringan yang unggul dan paket produk yang terintegrasi melalui Telkomsel One, yang menggabungkan layanan seluler dan fixed broadband dalam satu platform," ungkapnya.
Baca Juga: Luncurkan Data Centre ke-25 di Yogyakarta, Telkom (TLKM) Jaring 2 Klien
IndiHome juga memanfaatkan data pelanggan untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih personal dan relevan.
Dengan menganalisis perilaku pengguna, IndiHome mampu menyusun paket yang disesuaikan dengan gaya hidup pelanggan, seperti paket untuk streaming, gaming, dan kebutuhan bekerja dari rumah.
Dalam menghadapi perkembangan teknologi seperti 5G, IndiHome tidak tinggal diam.