Reporter: Emir Yanwardhana | Editor: Dupla Kartini
JAKARTA. PT Tembaga Mulia Semanan Tbk (TBMS) berencana menggenjot pangsa pasar global maupun domestik. Untuk itu, selain menjajakan produk kabel alumunium di sektor otomotif yang belum terserap, perusahaan juga berniat menambah negara tujuan baru untuk ekspor.
Direktur Tembaga Mulia Semanan Herry Setyono mengatakan, saat ini, kontribusi ekspor perusahaan sudah mencapai 43% dari total penjualan. "Tahun ini, kami berniat untuk memperluas pasar ke negara-negara Asia, seperti Birma, Kamboja, dan Laos," kata Herry usai RUPS, Rabu (1/6).
Dia menjelaskan, saat ini, negara tujuan ekspor TBSM sudah menembus pasar Oceania, Asia Selatan, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Keinginan perusahaan untuk merambah pasar ketiga negara itu disebabkan kebutuhan tembaga dan alumunium di sana sedang meningkat lantaran proyek-proyek infrastruktur sedang dibangun.
Selain itu, untuk pasar domestik, perusahaan juga berharap dari proyek 35.000 MW akan mendngkrak penjualan.
Sebagai informasi, hingga kuartal I-2016, kontribusi pasar ekspor sebesar 43% atau setara US$ 43,5 juta. Namun, angka itu menurun 19,7% dibandingkan dengan kuartal I tahun sebelumnya yang sebesar US$ 49,7 juta. Adapun, penjualan domestik masih memberikan kontribusi terbesar yaitu US$ 59,7 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News