kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Temui Luhut, Inchape Beri Sinyal Bangun Pabrik Great Wall Motor di Indonesia


Rabu, 27 September 2023 / 19:51 WIB
Temui Luhut, Inchape Beri Sinyal Bangun Pabrik Great Wall Motor di Indonesia
ILUSTRASI. Mobil listrik Good Cat by Ora, merek dari Great Wall Motor. REUTERS/Athit Perawongmetha


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Duncan Tait, Group Chief Executive Inchcape Plc, menggelar pertemuan di kantor Kemenko Marves dalam rangka mendiskusikan komitmen Inchcape untuk mendukung akselerasi adopsi solusi energi baru di Indonesia.

Didampingi oleh Ruslan Kinebas, CEO APAC, Inchcape Plc dan Khoo Shao Tze, President Director Inchcape Indonesia, pertemuan yang melibatkan tokoh penting ini menggarisbawahi peran vital dari mobilitas dengan energi baru bagi masa depan Indonesia. 

Fokus komitmen Inchcape yang didiskusikan kali ini meliputi rencana perakitan kendaraan ramah lingkungan Great Wall Motor (GWM), pengintegrasian produk baterai lokal dalam perakitan unit GWM, serta komitmen Inchcape untuk melanjutkan kegiatan perakitan Mercedes-Benz di Indonesia. 

Inchcape juga menyatakan dukungan dan sponsor untuk inisiatif di bidang lingkungan serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berdedikasi untuk mendorong perubahan positif serta dampak nyata bagi lingkungan.

Baca Juga: Pabrikan Otomotif Asal China Gencar Penetrasi Pasar Indonesia

Duncan Tait menegaskan, Indonesia merupakan pasar prioritas bagi Inchape. Potensi besar dan ketertarikan yang terus berkembang terhadap kendaraan energi baru di Indonesia merupakan faktor kunci yang mendorong keputusan Inchape untuk meningkatkan investasi di Tanah Air dan menjadi mitra utama dalam perjalanan negara ini menuju era energi baru. 

"Langkah strategis ini menyoroti komitmen kuat Inchcape dalam mengembangkan infrastruktur untuk produksi dan pemanfaatan sumber daya lokal serta menjadi katalis pertumbuhan industri kendaraan energi baru di Indonesia," ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Rabu (27/9).

Luhut juga telah menekankan bahwa membangun industri kendaraan energi baru di Indonesia memerlukan upaya bersama dan kebijakan yang matang untuk mendorong perkembangan pasar dan industri sambil menarik investasi. Pengembangan industri kendaraan energi baru serta mengamankan investasi akan terus dilakukan pemerintah demi mengakselerasi pertumbuhan Indonesia di era energi baru.

Menurut Luhut, transisi ke energi baru adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah dan para mitra. Sekarang adalah waktunya bagi Indonesia untuk bergerak ke arah energi yang berkelanjutan lewat kendaraan energi baru. 

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi inisaitif pihak swasta, seperti Inchcape untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan industri kendaraan energi baru di Indonesia,“ jelas dia.

Baca Juga: Great Wall Motor Ramaikan Pasar Indonesia, Sokonindo Automobile Yakin Bisa Bersaing

Hadir di Indonesia sejak tahun 2021, Inchcape dipercaya sebagai distributor kendaraan premium mass dan mewah untuk Jaguar, Land Rover, Harley-Davidson, dan Great Wall Motor (GWM). Mulai Oktober 2023, Inchape juga akan mengelola distribusi dan perakitan Mercedes-Benz.

Asal tahu saja, Mercedes-Benz mengoperasikan pabrik perakitan di Wanaherang, Bogor, yang didedikasikan untuk merakit produk untuk konsumen Indonesia. Ke depannya, Inchcape berencana memperluas pabrik manufakturnya untuk merakit lebih banyak produk kendaraan energi baru atau new energy vehicle (NEV) bersama dengan Mercedes-Benz dan GWM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×