kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,45   -4,35   -0.46%
  • EMAS1.014.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Terdampak pandemi, karyawan ISS Indonesia berkurang menjadi 47.000 orang


Minggu, 25 Juli 2021 / 19:00 WIB
Terdampak pandemi, karyawan ISS Indonesia berkurang menjadi 47.000 orang
Karyawan ISS Indonesia membersihkan properti dengan disinfektan, dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 cukup mempengaruhi kelangsungan bisnis perusahaan jasa tenaga kerja alih daya (outsourcing), PT ISS Indonesia.

Presiden Direktur ISS Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan, sebelum pandemi Covid-19 muncul, jumlah karyawan ISS Indonesia berada di kisaran 60.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Kini, telah terjadi penurunan jumlah karyawan seiring datangnya pandemi menjadi sekitar 47.000 orang.

Bisnis ISS tertekan lantaran terjadi penurunan kebutuhan pelanggan akibat pembatasan kegiatan bisnis selama masa pandemi. Ditambah lagi, banyak perusahaan yang menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sehingga permintaan jasa outsourcing berkurang.

“Sektor yang paling besar penurunan aktivitas dan kebutuhan akan pengelolaan fasilitas adalah transportasi, ritel, properti dan hotel, sekolah dan perguruan tinggi, serta perkantoran,” ungkap Elisa, Jumat (23/7).

Baca Juga: Centrepark Citra Corpora resmi akuisisi ISS Parking Management

Saat pandemi, Manajemen ISS Indonesia lebih sering melakukan pengelolaan akhir masa kontrak dari karyawannya. Dalam hal ini, kebanyakan karyawan yang kontrak kerjanya berakhir, kemudian tidak diperpanjang.

ISS Indonesia lalu menggantikannya dengan karyawan yang kontraknya belum berakhir. Namun, karena belum ada permintaan, karyawan tersebut tidak ada pekerjaan. Kendati begitu, pihak ISS Indonesia tetap membayar gaji para karyawan secara penuh.

Di samping itu, ISS Indonesia juga tetap melakukan perekrutan karyawan di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19 meski sangat selektif serta tergantung lokasi pekerjaan.

“Kami juga masih melaksanakan Management Trainee Program untuk lulusan perguruan tinggi. Untuk mengantisipasi rebound kondisi bisnis, ISS juga sedang merekrut Business Development dan Sales,” ungkap Elisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×