kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Terimbas Perhelatan Rangkaian Acara G20, Okupansi Hotel di Kawasan Nusa Dua Naik


Senin, 14 November 2022 / 20:45 WIB
Terimbas Perhelatan Rangkaian Acara G20, Okupansi Hotel di Kawasan Nusa Dua Naik
Kawasan The Nusa Dua di Bali.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BALI. Perhelatan rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Government 20 (G20) 2022 di Nusa Dua Bali membawa berkah bagi industri perhotelan setempat. Berkah perhelatan forum global tersebut mendongkrak tingkat keterisian alias okupansi hotel di Nusa Dua maupun wilayah-wilayah sekitarnya.

Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan, sebanyak 24 hotel yang disiapkan untuk menampung delegasi G20 maupun B20 di kawasan ITDC Nusa Dua dan Sawangan sudah terisi penuh untuk periode 12 - 17 November 2022. 

Imbasnya, tamu reguler yang mencari penginapan kemudian memesan hotel-hotel di wilayah tersebut kemudian mencari hotel di wilayah lain seperti Jimbaran, Kuta, Legian, Seminyak, Canggu, Sanur, hingga Ubud.

Menurut catatan PHRI Bali, rata-rata tingkat okupansi di wilayah-wilayah tersebut yang semula berkisar 60%-65%% meningkat ke angka 75%.

Baca Juga: Berkat KTT G20, Tren Perjalanan Wisata ke Bali pada November-Desember Meningkat

“Tamu-tamu reguler yang biasa nginep di Nusa Dua itu beralih ke sana hotel-hotelnya sudah penuh oleh tamu-tamu delegasi,” ujar pria yang akrab dengan sapaan Rai tersebut kepada Kontan.co.id, Senin (14/11).

Seperti diketahui, perhelatan rangkaian acara G20 berikut berbagai side event alias acara sampingannya membawa melihatkan ribuan delegasi. Kementerian Luar Negeri RI mencatat, jumlah kunjungan delegasi internasional mencapai lebih dari 13 ribu dalam ajang G20 sebelumnya pada  Presidensi Turki, Argentina, Tiongkok, dan Jepang. Kontan.co.id belum mendapat data final dari pihak panitia seputar jumlah delegasi yang akan menghadiri rangkaian acara G20 kali ini di Nusa Dua, Bali.

Sejalan dengan penuturan Rai, sejumlah hotel yang berada di kawasan ITDC terpantau sudah terisi penuh berdasarkan reportase Kontan.co.id. Grand Whiz Hotel Nusa Dua yang berlokasi di kawasan ITDC misalnya, sudah terisi penuh untuk periode 11-16 November 2022. 

Sementara itu, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort yang juga berlokasi di kawasan ITDC masih menyisakan 1-2 kamar kosong tipe Luxury. Berdasarkan keterangan staf pegawai setempat, hal tersebut lantaran terdapat delegasi rangkaian G20 yang memutuskan untuk membatalkan pesanan hotel.

Kondisi serupa juga dijumpai pada hotel-hotel di luar kawasan ITDC yang terletak tidak jauh dari kawasan ITDC. The Crystal Luxury Bay Resort yang berlokasi di Jl By Pass Ngurah Rai, Nusa Dua, Bali misalnya. Menurut catatan pegawai setempat, hotel tersebut hanya tinggal menyisakan kurang dari 5 kamar kosong pada Senin (14/11) pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×