kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,31   5,71   0.57%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terminal Operation Center di Bandara Soetta yang kerap disebut mata dewa


Senin, 24 September 2018 / 07:07 WIB
Terminal Operation Center di Bandara Soetta yang kerap disebut mata dewa
ILUSTRASI. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fasilitas pendukung di Bandara International Soekarno Hatta semakin lengkap. Pasalnya, PT Angkasa Pura (AP) II telah resmi melengkapi Terminal Operation Center (TOC) di bandara ini. TOC yang berlokasi di terminal 2 resmi dioperasikan pada tanggal 20 September lalu.

TOC itu merupakan pelengkap TOC yang telah beroperasi sebelumnya di terminal 1 dan terminal 3. "Pengoperasian TOC di terminal 2 merupakan wujud komitmen manajemen AP II untuk terus berinovasi dalam mengembangkan digital airport serta memberikan pelayanan prima bagi para pengguna jasa." kata Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, Minggu (23/9).

Kehadiran TOC di terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat disebut layaknya mata dewa karena terdapat tiga hal vital yang dapat dilakukannya untuk membantu manajemen dalam pengoperasian dan pengelolaan sistem di terminal.

Ketiganya adalah quick response, early warning system detection, serta operating effectiveness yang didukung kurang lebih 1.900 CCTV di seluruh area Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Lengkapnya kehadiran TOC di seluruh terminal menandakan bahwa Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah memiliki fondasi platform operasi bandara untuk Airport Operation Management System yang kuat karena didukung dengan state-of-the art technology implementation.

Platform operasi ini sangat dibutuhkan untuk memastikan dan mendukung kompleksitas seluruh kegiatan operasi dan pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan dengan baik dan lancar.

Adapun saat ini CGK menjadi bandara yang melayani penumpang terbanyak di Indonesia serta memiliki konektivitas tertinggi nomor 2 di Asia Pasifik dan pada tahun 2018 ini diestimasikan akan melayani sebanyak 67 Juta penumpang.

Pengoperasian seluruh TOC di terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan menjadi supporting unit bagi kecepatan operasi di AOCC (Airport Operation Control Center) CGK yang saat ini sedang dalam persiapan full operation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×