kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tertarik Ikutan?Mulai Besok sudah Bisa Order Saham IPO GoTo, Target Listing 11 April


Kamis, 31 Maret 2022 / 13:50 WIB
Tertarik Ikutan?Mulai Besok sudah Bisa Order Saham IPO GoTo, Target Listing 11 April
ILUSTRASI. Kontan - Gojek Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jakarta Perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akhirnya resmi mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memulai periode penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai 1-7 April mendatang.

Pernyataan efektif dari OJK ini diperoleh oleh GoTo pada Kamis 30 Maret 2022, dengan jadwal masa penjatahan pada 7 April, tanggal distribusi saham secara elektronik pada 8 April dan rencana tercatat (listing) di papan utama BEI dengan kode saham GOTO pada 11 April 2022.

Perusahaan induk Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial (GTF) resmi menetapkan harga IPO di level Rp 338/saham, dengan jumlah saham yang akan dilepas ke publik total mencapai 46,7 miliar saham baru Seri A. Jumlah saham ini merupakan gabungan antara saham baru yang akan diterbitkan dan saham treasuri (untuk opsi penjatahan lebih).

Harga ini berada di range atas dari harga saat masa penawaran awal (bookbuilding) atau masa pembentukkan harga Rp 316-346/saham. Nilai penawaran umum perdana saham dan penjatahan lebih yang ditawarkan kepada investor nantinya menembus Rp 15,8 triliun (USD1,1 miliar), sehingga menjadikannya IPO terbesar ketiga di Asia serta kelima di dunia tahun ini berdasarkan data Bloomberg.

CEO Grup GoTo Andre Soelistyo mengatakan perseroan bersyukur melihat tanggapan positif para investor, yang tetap bertahan di tengah gejolak ekonomi makro dan pasar global.

“Mampu memasuki pasar dalam kondisi saat ini merupakan bukti potensi jangka panjang bisnis GoTo yang akan menguatkan neraca Perusahaan dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham. Pasar modal Indonesia, yang telah mengungguli pasar lain di seluruh dunia, memiliki ketangguhan dan kapasitas untuk mendukung pencatatan dengan skala sebesar ini,” katanya dalam pernyataan resmi, Kamis (31/3/2022).

“Sebagai pemimpin pasar di Indonesia, dengan ekosistem yang dapat melayani dua pertiga konsumsi rumah tangga, kami bangga dapat mengibarkan bendera mewakili sektor teknologi Indonesia, seiring kami terus mendorong pertumbuhan bisnis kami di salah satu kawasan paling menjanjikan di dunia.” 

Direktur Utama Indo Premier Sekuritas Moleonoto The, salah satu penjamin pelaksana emisi efek, mengatakan respons positif para manajer investasi berkualitas yang berbasis di Indonesia dan memiliki horizon investasi jangka panjang menunjukkan fundamental kuat GoTo dan menjadi langkah awal yang baik dalam memulai perjalanan sebagai perusahaan terbuka. 

“Kemampuan GoTo untuk mencapai valuasi yang sungguh mencerminkan nilai dan keunggulan perusahaan, terutama dalam kondisi makro dewasa ini, menunjukkan kinerja bisnis dan dampaknya terhadap masyarakat Indonesia. Kami bangga telah menjadi bagian dalam perjalanan ini—salah satu IPO paling signifikan di dunia sepanjang tahun ini.”

Grup GoTo adalah ekosistem unik yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, dan financial technology melalui platform Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Sebagai pemimpin pasar di Indonesia di tiga lini bisnisnya, GoTo berada dalam posisi yang kuat untuk melanjutkan pertumbuhan dengan memanfaatkan keunggulan sinergi dalam ekosistem yang terintegrasi.

Dalam 12 bulan yang berakhir pada 30 September 2021, sejumlah 55 juta pengguna bertransaksi secara tahunan (annual transacting user/ATU) dengan nilai pesanan hingga 2 miliar dalam ekosistem GoTo dan nilai transaksi bruto (gross transaction value/GTV) hingga Rp414,2 triliun (USD28,9 miliar).

GoTo telah menunjuk PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, and PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi efek atau joint lead underwriters untuk IPO. 

Sementara ada 10 penjamin emisi efek yakni PT Aldiracita Sekuritas Indonesia, dan PT BNI Sekuritas. Lainnya ialah PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia, PT CLSA Sekuritas Indonesia, PT Deutsche Sekuritas Indonesia, PT Nilai Inti Sekuritas, PT Panin Sekuritas Tbk, PT Sucor Sekuritas, dan PT KB Valbury Sekuritas Indonesia.

Dana IPO setelah dikurangi biaya emisi, akan digunakan sebesar 30% untuk GoTo, 30% untuk PT Tokopedia, 25% untuk PT Dompet Anak Bangsa (DAB) alias GoPay, dan 5% untuk PT Multifinance Anak Bangsa (MAB) (bagian dari GoFinance). Sedangkan sisanya 5% untuk VDIGI SG Ltd. (Gojek Singapura) dan 5% untuk Go Viet Ltd. (Gojek Vietnam).

Untuk para calon investor yang tertarik mengetahui lebih lanjut mengenai mekanisme pemesanan saham GoTo dalam periode penawaran umum, perusahaan menyarankan untuk membaca prospektus serta melihat informasi pemesanan secara lengkap yang tersedia melalui situs sahamgoto.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×